Search for collections on STPMD APMD Repository

KINERJA KECAMATAN BERBAH KABUPATEN SLEMAN DALAM PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (KTP- el)

HERI, PRASETYANI (2019) KINERJA KECAMATAN BERBAH KABUPATEN SLEMAN DALAM PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (KTP- el). Masters thesis, STPMD APMD Yogyakarta.

[img] Text
INERJA KECAMATAN BERBAH KABUPATEN SLEMAN DALAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembuatan KTP-el pada kenyataannya masih saja ditemukan banyak kasus ataupun permasalahan hingga saat ini, antara lain kasus korupsi oleh pejabat pemerintah, kurangnya persediaan blanko hingga menimbulkan kasus penjualan blanko secara online, lamanya proses penerbitan KTP-el, dan munculnya praktik percaloan. Penelitian ini difokuskan pada kinerja Kecamatan Berbah dalam pembuatan KTP-el dikarenakan Kecamatan Berbah menjadi salah satu penyelenggara pelayanan pembuatan KTP-el. Kecamatan Berbah juga pernah mendapatkan penghargaan evaluasi kinerja pemerintah terbaik seKabupaten Sleman tahun 2015. Tujuan penelitian ini meliputi: (1) Mengetahui kinerja Kecamatan Berbah dalam pembuatan KTP-el; dan (2) Mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat kinerja Kecamatan Berbah dalam pembuatan KTP-el. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Obyek penelitian ini adalah kinerja Kecamatan Berbah dalam pembuatan KTP-el. Subjek penelitian ini adalah Kepala Seksi Pelayanan Umum Kecamatan Berbah, pegawai Kecamatan Berbah, dan masyarakat Kecamatan Berbah yang membuat KTP-el terdiri dari warga Desa Jogotirto, Kalitirto, Sendangtirto dan Tegaltirto. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengukuran keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kinerja Kecamatan Berbah dalam pembuatan KTP-el dapat dilhat dari: a) Produktivitas Kecamatan Berbah sudah cukup baik, dibuktikan dengan data ketercapaian pembuatan KTP-el di Kecamatan Berbah sudah mencapai 85,41%. Produktivitas juga ditunjang dengan efisiensi dan efektivitas pekerjaan yang dilakukan sesuai ketentuan. b) Kualitas layanan Kecamatan Berbah sudah cukup baik, dibuktikan dari petugas layanan yang sopan dan ramah, memiliki kemampuan yang mencukupi dan berpengalaman, kecepatan pelayanan meskipun kadang terlambat karena ada kendala. c) Akuntabilitas Kecamatan Berbah sudah baik. Kecamatan Berbah sudah bekerja keras memenuhi tugas dan kewajibannya dalam memberikan pelayanan masyarakat untuk pembuatan KTP-el, pelayanan juga dapat dipertanggungjawabkan karena sudah sesuai SOP dan Peraturan Pemerintah yang berlaku. (2) Faktor pendukung yaitu: a) koordinasi yang baik antar instansi seperti dukcapil, pemerintah desa, dukuh dll, b) kebijakan pengelolaan yang mendukung c) kualitas SDM yang cukup baik, d) sistem informasi sudah terintegrasi dengan Dinas Dukcapil, dan e) sarana prasarana memadai. Faktor penghambat yaitu: a) hubungan personal dan komunikasi pegawai kurang efektif, b) waktu istirahat petugas yang terkadang melebihi ketentuan, c) petugas terkadang kurang teliti dalam mengisi form sehingga masih ditemukan kesalahan data di KTP-el dan masyarakat kurang berperan aktif mengecek datanya, d) konektivitas internet terkadang ada gangguan, dan e) kurangnya blanko KTP-el.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 17610002
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Program Pendidikan Magister > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Mr okie fajaruddin
Date Deposited: 06 Feb 2020 01:50
Last Modified: 06 Feb 2020 01:50
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/1041

Actions (login required)

View Item View Item