Search for collections on STPMD APMD Repository

Pelayanan Publik di Bidang Pendaftaran Kekayaan Intelektual(Suatu Penelitian Deskriptif Kualitatif Tentang Kualitas Pelayanan di Bidang Pendaftaran Merk Dagang di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DIY)

Arta, Mahendra (2016) Pelayanan Publik di Bidang Pendaftaran Kekayaan Intelektual(Suatu Penelitian Deskriptif Kualitatif Tentang Kualitas Pelayanan di Bidang Pendaftaran Merk Dagang di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DIY). [Experiment]

[img]
Preview
Text
427-IP-IV-2016-ARTA MAHENDRA-12520099.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini adalah ”Pelayanan publik dibidang pendaftaran Kekayaan Intelektual”. Suatu penelitian deskriptif kualitatif tentang kualitas pelayanan dibidang pendaftaran merek dagang, di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Daerah Istimewa Yogyakarta. Rumusan masalah yang diajukan adalah bagaimana kualitas pelayanan publik dibidang pendaftaran merek dagang di Kantor Wilayah. Hal yang melatarbelakangi dilakukan penelitian ini adalah sulitnya para pelaku umkm untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan pendaftaran merek dagang di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Daerah Istimewa Yogyakarta. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan kualitas pelayanan publik dalam bidang pendaftaran merek dagang di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Daerah Istimewa Yogyakarta. Manfaat penelitian adalah penelitian ini diharapkan dapat membuka wawasan serta menambah pengetahuan bagi, pelaku umkm di Daerah Istimewa Yogyakarta dan penulis sendiri. Ruang lingkup penelitian meliputi: kualitas pelayanan pendaftaran merek dagang dilihat dari aspek akses informasi, aspek komunikasi, kompetensi responsivitas dan bukti fisik pelayanan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Subyek penelitian ini adalah pegawai yang melayani dan menangani proses pendaftaran dan warga yang mendaftarkan merek dagang di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Daerah Istimewa Yogyakarta. Teknik menentukan narasumber menggunakan teknik purposive untuk pihak kantor wilayah dan snowball untuk warga yang mendaftarkan merek. Lokasi penelitian ini berada di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Daerah Istimewa Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, interview dan dokumentasi. Proses analisis data akan dilakukan dengan cara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang didapatkan. Penulis dapat menyimpulkan, beberapa hal berikut ini. Pelayanan pendaftaran merek dagang dilihat dari sisi akses. Kantor Wilayah telah menyediakan berbagi bentuk sumber informasi yang berkaitan langsung dengan proses pendaftaran merek dagang. Pelayanan pendaftaran merek dagang ditinjau dari sisi komunikasi. Kantor Wilayah menyediakan media komunikasi yang bernama konsultasi hukum yang dijadikan alat untuk menyampaikan informasi yang berkaitan dengan prosedur pendaftaran merek dagang. Pelayanan pendaftaran merek dagang dilihat dari kompetensi. Pegawai yang melayani pendaftaran merek dagang belum begitu menguasai prosedur pendaftaran merek dagang. Pelayanan pendaftaran merek dagang dilihat dari sisi kesiapan pegawai. Pegawai siap melayani pendaftaran merek dagang yang masuk. Pelayanan pendaftaran merek dagang dilihat d ari sisi bukti fisik. Setiap pendaftar merek dagang diberi surat tanda bukti pendaftaran.

Item Type: Experiment
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
K Law > K Law (General)
Divisions: Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2018 10:53
Last Modified: 28 Feb 2018 10:53
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/107

Actions (login required)

View Item View Item