Search for collections on STPMD APMD Repository

Analisis Framming Berita Pemilu 2019 Di Media Online (Studi Analisis Framming Berita Pada Masa Kampanye Pemilihan Presiden 2019 di Antaranewes.com dan Kumparan.com)

Abu, Rahman Hakim (2020) Analisis Framming Berita Pemilu 2019 Di Media Online (Studi Analisis Framming Berita Pada Masa Kampanye Pemilihan Presiden 2019 di Antaranewes.com dan Kumparan.com). [Experiment]

[img] Text
ABU RAHMAN HAKIM_18530015.pdf

Download (6MB)

Abstract

Dalam perkembangan teknologi dan informasi yang semakin deras di Indonesia pada saat ini, media massa berperan ikut serta dalam pertumbuhan arus Indonesia yang semakin ccepat dan realtime update baik secara langsung maupun tidak langsung. Kini berkembang secara online berbasis internet. Dalam hal ini, salah satu komunikasi berbasis internet yang banyak digunakan adalah media sosial. Dengan hadirnya media online tersebut menunjukkan telah terjadi pergeseran arah penggunaan media komunikasi, yang semula bersifat klasik (media elektronik dan cetak) dan kini mengalami perubahan kepada media baru (new media) berbasis internet. Dengan begitu akses terhadap ilmu pengetahuan dalam berbagai bidang seperti pendidikan, budaya, sosial, ekonomi, hukum, dan polityik menjadi semakin mudah dan cepat. Yang mana media online mempunyai sisi kekurangan dan kelebihan dlaam menyampaikan berita kepada khalayak. Dalam hal ini pemberitaan di media online ada beberapa pengaruh dalam hasil berita yang ditampilkan yaitu adanya ideologi, ekonomi, politik, kepentingan pribadi yang terlihat dari framing berita yang dilakukan oleh media. Tujuan penelitian ini mengetahui framing berita tentang masa kampanye pemilihan Presiden di media online Antaranews.com dan Kumparan.com. Penelitian ini menggunakanpendekatan kualitatif melalui metode analisis framing model Pan dan Kosicki. Adapun data dari penelitian ini bersumber 40 berita, dimana masing masing berita Kumparan.com 20 berita, Antaranews.com 20 berita. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana framing pemberitaan yang dilakukan oleh media dalam menyampaikan sebuah peristiwa dan waktu kejadian dalam mendapatkan sebuah gambaran atau ilustrasi bagimana sebuah ideologi dan politik, ekonomi media terhadap upaya dalam memberikan sebuah berita yang berimbang, netral, serta objektifitas. Penelitian ini menggunakan paradigma kontruksionis yang mana hasil daripenelitian ini akan menunjukkan hasil pemberitaan tentang berita masa kampanye pemilihan Presiden 2019 di Antaranews dan Kumparan.com yang mana dalam pemberitaan ini terlihat cenderung atau condong kesalah satu pasangan calon baik Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi. Hal ini tidak terlepas adanya ideology media, kepemilikan media, politik serta adanya kepentingan pribadi. Dapat dipaami bahwa dalam setiap pemberitaan yang disajikan oleh media berbeda, maka media mempunyai sebuah paham, dan karakteristik yang berbeda-beda tidak sama dengan media lainnya.

Item Type: Experiment
Additional Information: 18530015
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 16 Nov 2020 03:51
Last Modified: 16 Nov 2020 03:51
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/1144

Actions (login required)

View Item View Item