Search for collections on STPMD APMD Repository

Reformasi Birokrasi Pelayanan Publik Dinas Pelayanan Modal dan Pelayanan Terpadu Kabupaten Gunungkidul

Yohanes, Haghie (2020) Reformasi Birokrasi Pelayanan Publik Dinas Pelayanan Modal dan Pelayanan Terpadu Kabupaten Gunungkidul. [Experiment]

[img] Text
11520042_YOHANES HAGHE_full text.pdf

Download (2MB)

Abstract

Reformasi birokrasi merupakan faktor yang mendukung pembenahan birokrasi di daerah untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance). Reformasi birokrasi sangat mendesak untuk dilakukan untuk mengatasi suatu sistem pemerintahan dengan pelayanan publik berjalan dengan tersendat-sendat, bertele-tele dan tidak efisien serta syarat dengan praktek korupsi kolusi dan nepotisme (KKN). Selain itu pola pikir (mind set) dan budaya kerja (culture set) birokrat harus diakui belum mendukung birokrasi yang efisien, efektif, produktif, profesional, terlebih lagi pola pikir melayani. Keseluruan kondisi tersebut mendesak untuk di dilakukan reformasi birokrasi di pemerintah. Adapun rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini Adalah Bagaimana Reformasi Birokrasi Pelayanan Publik Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian adalah pejabat Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Kabupaten Gunungkidul. Sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Kabupaten Gunungkidul. Teknik analisis data dalam penelititan ini adalah analisis interpretatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu kabupaten Gunungkidul tentang Reformasi Birokrasi Pelayanan Publik dalam merubah mind-set; pertama, melalui pengetahuan dapat dilakukan dengan program atau kegiatan nyata sebagai bentuk peningkatan kompetensi dan kapasitas aparatur, yaitu dengan program rutin oleh internal DPMPT seperti meningkatkan pelayanan perizinan melalui Diklat dan Bimtek sebagai penunjang pelayanan yang lebih baik serta pelatihan keterampilan berbahasa asing (bahasa inggris). Kedua, melalui persepsi yang baik serta positif dari setiap pegawai Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu khususnya mengenai reformasi birokrasi dengan melakukan koordinasi secara rutin antara atasan dan bawahan terutama dalam perencanaan, pembuatan dan penerapan kebijakan. Ketiga, membangun semangat kerja pegawai melalui motivasi dapat dilakukan dengan beberapa aksi nyata seperti memberlakukan Budaya Kerja SATRIYA, pemberian reward dan punishment serta selalu malaksanakan tugas pokok dan fungsinya masing-masing dengan baik. Keempat, melalui upaya membangun sikap yang baik oleh aparatur dinas dapat dilakukan dengan memberlakukan secara tegas tentang Maklumat Pelayanan, Kode Etik dalam pelayanan serta budaya kerja yang menuntut setiap pegawai untuk bekerja dengan baik dan bersih demi kinerja yang baik pula. Kelima, melalui proses upaya pengambilan tindakan yang baik, cepat dan tepat dalam pelayanan publik oleh aparatur birokrasi akan sangat mendukung proses pelayanan itu sendiri agar berjalan efektif dan efisien. Kata kunci : Reformasi, Birokrasi

Item Type: Experiment
Additional Information: 11520042
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 20 Oct 2020 03:14
Last Modified: 20 Oct 2020 03:14
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/1175

Actions (login required)

View Item View Item