Search for collections on STPMD APMD Repository

POLA KOMUNIKASI SEKOLAH GAJAH WONG DALAM KONTEKS PENDIDIKAN KARAKTER DAN PEMBERDAYAAN PADA SISWA

Rosalia, S. Wanda (2020) POLA KOMUNIKASI SEKOLAH GAJAH WONG DALAM KONTEKS PENDIDIKAN KARAKTER DAN PEMBERDAYAAN PADA SISWA. [Experiment]

[img] Text
SKRIPSIROSALIA S. WANDA_14530004.pdf

Download (1MB)

Abstract

Proses komunikasi terjadi pada semua bagian kehidupan tak terkecuali dalam bidang Pendidikan, dalam proses komunikasi yang terjadi terdapat unsur komunikasi yaitu pol komunikasi. Pola komunikasi yang diterapkan oleh sekolah Gajah Wong adalah pol komunikasi primer dan pola komunikasi sirkular. permasalahan yang ada di sekolah Gajah Wong yaitu penerapan pola komunikasi yang terjadi hanya disekolah saja karena pada saat siswa pulang kelingkungan rumahnya mereka tidak mendapatkan pola komunikasi seperti yang sekolah terapkan. sehingga hal itu berdampak pada perilaku siswa sedangkan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pola komunikasi dalam konteks pendidika karakter dan pemberdayaan di sekolah Gajah Wong Yogyakarta dan apa faktor pendorong dan penghambat pola komunikasi dalam konteks pendidikan karakter di sekolah Gajah Wong Yogyakarta. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi yang diterapkan oleh edukator dalam pelaksanaan pendidikan karakter dan pemberdayaan di sekolah Gajah Wong di Yogyakarta dan untuk menemukan faktor pendorong dan penghambat pol komunikasi berbasis pendidikan karakter dan pemberdayaan di sekolah Gajah Wong Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. peneliti mengembangkan konsep dan menghimpun fakta atau data, namun tidak melakukan pengujian hipotesis tetap melakukan analisis terhadap data sekunder sementara data primer dilakukan dengan wawancara dan observasi. Beberapa kajian teori yang terkait dengan pola komunikasi sekolah gajah wong dalam konteks pendidika karakter dan pemberdayaan pada siswa adalah kajian teori pola komunikasi, pendidikan karakter, pemberdayaan. Hasil penelitian ini dapat dideskripsikan sebagai berikut, kedua pola komunikasi ini dianggap efektif dan positif untuk diterapkan, karena anak-anak disekolah merasa diharga sehingga isi pesan atau informasi yang disampaikan oleh edukator dapat diterima dan diterapkan kepada anak-anak dalam kehidupan sehari-hari. selain itu kurikulum sekolah yang berpusat pada hak anak, membuat anak mampu untuk menyampaikan pendapat, ide serta gagasan mereka, sehingga peningkatan pendidikan karakter dan pemberdayaan di sekola Gajah Wong cukup berjalan dengan baik, walaupun masih terdapat beberapa kendala dalam prosesnya, dengan adanya penerapan pola komunikasi primer dan sirkular pada sekola Gajah Wong, terlihat adanya perubahan pada kebiasaan atau perilaku anak-anak seperti bertanggungjawab atas tindakan yang dilakukannya, mampu membuat keputusan dan tingka kepercayaan diri semakin membaik.

Item Type: Experiment
Additional Information: 14530004
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 16 Nov 2020 03:55
Last Modified: 16 Nov 2020 03:55
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/1198

Actions (login required)

View Item View Item