Search for collections on STPMD APMD Repository

KINERJA PEMERINTAH DESA DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPADA MASYARAKAT

FREDRIKUS, VALERIUS MASAN (2020) KINERJA PEMERINTAH DESA DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPADA MASYARAKAT. [Experiment]

[img] Text
FREDRIKUS VALERIUS_15520111.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pemerintahan dalam suatu Negara, memiliki peran yang sangat besar dalam menjalankan fungsi dan tanggungjawab Negara dalam mencapai tujuan utamanya, yakni kesejahteraan dan ketentraman bagi warga Negaranya. Dalam konteks pelaksaan fungsi Pemerintah, pelayanan dapat dikategorikan sebagai upaya untuk menyiapkan, menyediakan, atau mengurus keperluan warga masyarakat. Kinerja Pemerintah Desa Lorotolus sering mendapat sorotan dari masyarakat terkait dengan pelayanan yang belum sesuai dengan harapan masyarakat. Permasalahan ini dapat disebabkan karena rendahnya sumber daya manusia (SDM) sehingga kemampuan aparat Desa serta keahlian dari Pemerintah Desa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat belum maksimal. Pemerintah Desa Lorotolus tidak memanfaatkan kantor Desa dengan baik sehingga masyarakat harus menemui pihak Pemerintah Desa di rumah jika ingin mengurus surat-surat yang membutuhkan tanda tangan atau cap dari Pemerintah Desa. Oleh sebab itu penulis tertarik untuk memfokuskan penelitian ini dengan judul Kinerja Pemerintah Desa Dalam Memberikan Pelayanan Administrasi Kepada Masyarakat. Sedangkan yang di kaji dalam rumusan masalah ini adalah Bagaimana Kinerja Pemerintah Desa Dalam Memberikan Pelayanan Administrasi Kepada Masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif merupakan metode penelitian yang bertujuan mendeskripsikan secara terperinci fenomena sosial tertentu.Obyek dalam penelitian ini adalah Kinerja Pemerintah Desa Dalam Memberikan Pelayanan Administrasi Kepada Masyarakat. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah pihak Pemerintah Desa Lorotolus berjumlah 5 orang dan Masayarakat berjumlah10 orang. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjuk bahwa, Produktivitas Pemerintah Desa Lorotolus dalam menyelesaikan sebuah pelayanan masih berbelit-belit dan belum tepat waktu karena pihak Pemerintah Desa Lorotolus belum memanfaatkan kantor desa dengan baik untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Pemerintah Desa lebih memilih melayani di rumah masingmasing hal ini menyebabkan pelayanan terlambat karena ada kalanya dari pihak Pemerintah Desa yang dibutuhkan tidak selalu ditempat atau rumah. Responsivitas Pemerintah Desa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat belum sepenuhnya sesuai dengan harapan masyarakat karena kurangnya sosialisasi program yang akan dilaksanakan kepada masyarakat sehingga masyarakat tidak mengetahui dengan jelas program tersebut sudah dilaksanakan atau belum. Responsibilitas Pemerintah Desa Lorotolus persyaratan administrasi sudah jelas namun dalam menjalankan tugas sebagai pemberi layanan belum bisa dikatakan tepat waktu sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan hal ini disampaikan oleh salah satu Aparat Desa yang mengatakan pelayanan sering terlambat kalau Pa Desa dengan Pa sek tidak ada di tempat atau rumah pasti sering terlambat. Akuntabilitas Pemerintah Desa Lototolus dalam memberikan pelayanan bisa dikatakan belum bertanggungjawab sepenuhnya karena pelayanan yang diberikan kepada masyarakat masih di lakukan di rumah dan tidak memanfaatkan kantor Desa yang ada. Pemerintah Desa Lorotolus selalu melayani dengan sopan dan tidak membeda-bedakan selalu memperlakukan semuanya dengan adil.

Item Type: Experiment
Additional Information: 15520111
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 16 Nov 2020 03:30
Last Modified: 16 Nov 2020 03:30
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/1229

Actions (login required)

View Item View Item