Search for collections on STPMD APMD Repository

Strategi Marketing Politik dalam Pemenangan Fathoni Ari Wibowo dalam Pemilihan Kepala Desa Pilkades Ngestiharjo 2018 (Studi Penelitian di Desa Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, DIY)

Elsa Hostriana, Johannis (2020) Strategi Marketing Politik dalam Pemenangan Fathoni Ari Wibowo dalam Pemilihan Kepala Desa Pilkades Ngestiharjo 2018 (Studi Penelitian di Desa Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, DIY). [Experiment]

[img] Text
SKRIPSI ELSA HOSTRIANA JOHANNIS.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penyelenggaraan pemilu (Pilkades) di Indonesia selama ini masih menggunakan kebudayaan dan hubungan emosional. Hal ini bisa dilihat dari keberadaannya yang masih didominasi oleh segelintir orang yang berkuasa dari golongan elit. Pertarungan politik Pilkades merupakan sebuah permainan yang terlihat sederhana, tetapi dibalik permainan politik Pilkades tersebut terlihat sebuah pertarungan yang sengit dan tidak kalah menarik dengan permainan politik di tingkat pusat. Oleh sebab itu, dalam penelitian ini dapat dilihat adanya transformasi Pilkades dengan menggunakan strategi marketing politik dalam sebuah Pilkades. Strategi yang mampu untuk menarik masyarakat agar dapat mendukung dan memilih calon kepala desa. Oleh karena itu dalam penelitian ini, peneliti hendak melakukan penelitian secara khusus tentang strategi marketing politik yang dilakukan oleh Fathoni dalam memenangkan Pilkades di Desa Ngestiharjo yaitu Strategi Marketing Politik Dalam Pemenangan Fathoni Aribowo dalam Pilkades Ngestiharjo 2018. Dengan uraian diatas, maka penulis mengemukakan rumusan masalah, Bagaimana Strategi Marketing Politik Pemenangan yang digunakan oleh Fathoni Aribowo dalam Pemilihan Kepada Desa Ngestiharjo tahun 2018. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang berusaha menggambarkan objek penelitian apa adanya sesuai dengan data yang diperoleh. Objek penelitian yang dijadikan narasumber, diantaranya; Kepala Desa 1 orang, Panitia Pilkades, Tim Sukses Fathoni, dan warga Masyarakat. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Setelah melakukan penelitian pada strategi pemenangan Fathoni, peneliti bersimpulkan bahwa Pertama, pemasaran langsung kepada masyarakat sangat dibutuhkah dalam pemilihan umum di tingkat pedesaan, karena dengan konsep ini calon kepala desa tahu akan kebutuhan masyarakat. Kedua, pemasaran melalui media atau pemasaran tidak langsung juga sangat dibutuhkan dalam strategi pemenangan pemilihan kepala desa, karena dengan pemasaran melalui media atau tidak langsung ini masyarakat dapat mengenal siapa Fathoni dan masyarakat dapat memilihnya melalui bener, baliho, pamlfet. Ketiga, pemasaran melalui tokoh, kelompok atau organisasi menjadi bagian penting dalam strategi pemenangan kepala desa, karena selain membangun sistem kepercayaan kepada masyarakat dan tokoh yang sangat berperan penting untuk membantu Fathoni memenangkan Pilkades Ngestiarhjo adalah Tokoh Pemduda. Disini diharapkan calon kepala desa harus memiliki karakter diri yang menjadi ciri khas sehingga dapat bperbeda dengan calon lain. Kata Kunci: Pemilihan, Strategi

Item Type: Experiment
Additional Information: 15520103
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2020 03:29
Last Modified: 27 Oct 2020 03:29
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/1261

Actions (login required)

View Item View Item