Search for collections on STPMD APMD Repository

Dinamika Pelayanan e-KTP Di Desa Niskarang Kecamatan Kelubagolit Kabupaten Flores Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur

Fiona Benga, Luli (2020) Dinamika Pelayanan e-KTP Di Desa Niskarang Kecamatan Kelubagolit Kabupaten Flores Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur. [Experiment]

[img] Text
SKRIPSI FIONA BENGA LULI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Undang-Undang Dasar 1945 telah mengamanatkan bahwa negara wajib melayani setiap warga negara dan penduduk untuk memenuhi kebutuhan dasarnya dalam rangka pelayanan umum dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penyelenggaraan pelayanan publik yang dilaksanakan oleh aparatur pemerintah dalam berbagai sektor pelayanan, terutama yang menyangkut pemenuhan hak-hak sipil dan kebutuhan dasar masyarakat. Kartu tanda penduduk ini merupakan salah satu bukti bahwa Anda telah sah menjadi seorang warga Negara. Anda bisa mendapatkan kartu ini saat usia minimal 17 tahun. Kalau dulu, KTP berbentuk selembar kertas yang dilaminating, namun sekarang Anda sudah bisa menggunakan tanda kartu penduduk. Berkaitan dengan KTP, Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 26 Tahun 2009 Tentang Penerapan KTP berbasis NIK secara Nasional dan Peraturan Presiden Nomor 35 Tahun 2010 Tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 26 Tahun 2009 Tentang Penerapan KTP berbasis NIK secara Nasional serta Permendagri Nomor 9 Tahun 2011 Tentang Pedoman Penertiban KTP Berbasis NIK secara nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Bagaimana Dinamika Pelayanan e-KTP Di Kabupaten Flores Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur? Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian terdiri dari Dinas Kependudukan dan Catatan sipil, Pemerintah Kecamatan dan Aparat Desa Nisakarang serta Masyarakat Desa. Teknik Pengumpulan Data menggunakan: observasi, Teknik Wawancara, dan Dokumentasi. Teknis Analisis Data, reduksi data, Penyajian data, Pengambilan putusan, dan penerikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat dideskripsikan sebagai berikut: (a) Dinamika Struktur organisasi dalam pembuatan e-KTP, Pemerintah Dinas Catatan Sipil Kabupaten Flores Timur selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kabupaten Flores Timur, tetapi masih banyak juga memiliki watak apatis sehingga berdampak pada masyarakat yang belum memiliki e-KTP. Keadaan geografis juga mempengaruhi masyarakat unutk tidak memiliki e-KTP karena dalam pembuatan e-KTP masyarakat dari dua pulau yaitu Adonara dan Solor untuk mendapatkan e-KTP memakan biaya yang begitu besar, meskipun Pemerintah Dinas Catatan Sipil sudah ,memberikan pelayanan di setiap kepualauan. (b) Dinamika aparat atau pelayanan public dalam pembuatan e-KTP yang diberikan Dinas Catatan Sipil Kabupaten Flores Timur mengalami masalah yang disebabkan oleh blangko yang disiapkan pada pembuatan e-KTP dan kurangnya koordinasi dan arahan terhadap penerima jasa pelayanan. (c) Dinamika Sistem Pelayanan Publik dalam pembuatan e-KTP, masyarakat masih berperilaku individual dan kurang nya kesadaran dalam menyiapkan administrasi untuk pembuatan e-KTP selalu lalai sehingga sering ditegur atau diarahkan oleh petugas Dinas Catatan Sipil Kabupaten Flores Timur agar kelalaian tidak terulang lagi dalam menyediakan berkas. Kata Kunci : Dinamika, Pelayanan, e-KTP

Item Type: Experiment
Additional Information: 16520032
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2020 03:58
Last Modified: 27 Oct 2020 03:58
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/1267

Actions (login required)

View Item View Item