Hamila, Maktublo (2020) Pelayanan Perizinan Berbasis Elektronika Onlinne Di Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Kota Yogyakarta. [Experiment]
Text
SKRIPSI HAMILA MAKTUBLO.pdf Download (4MB) |
Abstract
Pada era globalisasi saat ini, teknologi menjadi sebuah kebutuhan bagi setiap individu dalam mengikuti trend perkembangan zaman. Perkembangan teknologi di abad 20 semakin mempengaruhi kehidupan di seluruh lapisan masyarakat. Pengguna teknologi informasi dan komunikasi di lingkungan pemerintahan dan lembaga publik merupakan suatu keharusan yang tidak dapat ditawar lagi. E-Government atau pemerintahan berbasis elektronik semakin berperan penting bagi semua pengambil keputusan. Dinas Penamanan Modal dan Perizinan Kota Yogyakarta telah menyediakan layanan perizinan secara online, merupakan perwujudan dari adaptasi e-Government. Layanan perizinan online di Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Kota Yogyakarta mulai diterapkan sejak tahun 2012 dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sehingga memudahkan masyarakat dalam mengurus perizinan. Perizininan secara online ini baru dapat dirasakan oleh masyarakat pada tahun 2018, semua sistem pelayanan perizinan berubah dari manual ke sistem online. Perubahan sistem pelayanan ini kurang disertai dengan sosialisasi yang intens kepada khalayak umum, sehingga masih banyak masyarakat yang belum tahu dan masih bingung dengan tata cara yang harus dilakukan ketika hendak mengurus surat perizinan. Rumusan masalah bagaimana prosedur dan mekanisme pelayanan publik berbasis elektronik? Bagaimana dinas terkait menjawab kebutuhan masyarakat yang awam terhadap layanan elektronik? Apa kendala-kendala dalam proses layanan berbasis elektronik baik bagi pemberi layanan maupun penerima layanan? Dan bagaimana tanggapan pengguna layanan terhadap efektivitas dan efisiensi layanan berbasis elektronik? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan layanan perizinan berbasis elektronika online. Data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang secara langsung dilapangan dengan metode penelitian adalah deskriptif kualitatif. Teknik untuk menguji validitas atau keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yang dilakukan melalui beberapa tahap yaitu menelaah data, reduksi data, menyusun satuansatuan, dan interpretasi data. Dari hasil penelitian diketahui bahwa layanan perizinan online merupakan inovasi layanan dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sehingga memudahkan masyarakat dalam mengurus perizinan. Keberadaan pelayanan perizinan online yang disediakan oleh pemerintah itu belum termanfaatkan secara optimal oleh masyarakat Kendala yang dirasakan dalam dinas sendiri yaitu masyarakat yang belum tahu tentang layanan online, belum adanya Standar Operasional Prosedur (SOP) yang jelas terkait dengan layanan perizinan online, kurangnya penguatan internetnya, dan penguatan kelembagaan terkait dengan kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) nya. Sedangkan kendala yang dirasakan oleh pengguna layanan yaitu kurangnya informasi terkait layanan perizinan online dan bahkan tidak mengetahui tentang layanan online ini. Kendala lainnya adalah pemenuhan persyaratan baik teknik maupun administrasi dalam mengurus izin online. Tentunya dengan adanya layanan perizinan online ini akan mempermudah masyarakat dalam mengurus proses perizinan, menghemat waktu, lebih cepat dan hemat biaya sehingga akan lebih efektif dan efisien dan bertujuan untuk meningkatkan tatakelola pemerintahan yang baik (good governance). Kata Kunci: Pelayanan, perizinan, online, e-Government
Item Type: | Experiment |
---|---|
Additional Information: | 16520181 |
Subjects: | J Political Science > JS Local government Municipal government |
Divisions: | Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 03 Nov 2020 03:50 |
Last Modified: | 03 Nov 2020 03:50 |
URI: | http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/1298 |
Actions (login required)
View Item |