Search for collections on STPMD APMD Repository

Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Desa Dadapayu Kecamatan Semanu Kabupaten Gunung Kidul (Studi Penelitian Deskriptif kualitatif di Desa Dadapayu,Kecamatan Semanu,Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta)

Teo Leo Marco, Dimara (2020) Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Desa Dadapayu Kecamatan Semanu Kabupaten Gunung Kidul (Studi Penelitian Deskriptif kualitatif di Desa Dadapayu,Kecamatan Semanu,Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta). [Experiment]

[img] Text
SKRIPSI TEO LEO MARCO DIMARA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pelayanan publik yang dilakukan oleh pemerintah desa masih dihadapkan pada pelayanan yang belum sepenuhnya diharapkan oleh masyarakat. Hal ini dapat terlihat dari masih banyaknya pengaduan dari masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung. Masyarakat setiap waktu menuntut pelayanan public yang berkualitas, meskipun tuntutan tersebut sering tidak sesuai dengan harapan pengguna pelayanan. Penelitian ini menggambarkan bagaimana kualitas pelayanan administrasi kependudukan di desa Dadapayu ? Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan penentuan informan dengan teknik purposive. Informan penelitian melibatkan 21 (dua puluh satu) orang yaitu pemerintah desa (penyedia layanan) dan masyarakat (pengguna layanan). Lokasi penelitian yaitu Desa Dadapayu Kecamatan Semanu Kabupaten Gunungkidul. Kemudian analisis dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan Administrasi Kependudukan di Desa Dadapayu, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul dinilai dari beberapa dimensi yaitu: 1. Tangible (penampakan fisik) belum maksimal dalam pengelolaan dan penataan ketersediaan sarana dan prasarana pelayanan. Masih ada kekurangan seperti, ruangan untuk perangkat desa, ruang pelayanan sempit, dan penataan parkiran serta kebersihan. 2). Reliability (kehandalan) kemampuan untuk menyeleggarakan pelayanan yang dijanjikan secara akurat. Para petugas sudah handal dalam mengurus administrasi, mempunyai standar pelayanan, dan mampu menggunakan fasilitas- fasilitas penunjang pelayanan. Masyarakat dapat memperoleh informasi dari desa melalui perangkat desa pada pertemuan RT/RW setempat. 3). Responsiveness (daya tanggap). Pemerintah desa menyampaikan informasi lewat lisan dan tulisan. Pemerintah desa menyediakan kotak saran dan penyampaian keluhan dapat disampaikan langsung kepada pemerintah desa dan RT/RW. Keluhan tersebut akan dibahas pada rapat koordinasi internal pemerintah desa. 4). Assurance (jaminan). Pada jaminan ketepatan waktu belum memberikan kepuasan kepada masyarakat. 5). Empathy (empati). Pemerintah membantu masyarakat desa yang merasa kesulitan, mampu menjelaskan persyaratan pengurusan Administrasi Kependudukan demi mengutamakan kepentingan masyarakat. Kata kunci : Pelayanan, Pemerintah Desa, Administrasi Kependudukan

Item Type: Experiment
Additional Information: 11520138
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 18 Nov 2020 06:46
Last Modified: 18 Nov 2020 06:46
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/1340

Actions (login required)

View Item View Item