Search for collections on STPMD APMD Repository

STRATEGI KOMUNIKASI KOMUNITAS KERONCONG IRAMA TONGKOL TEDUH DALAM UPAYA MEMBANGUN CITRA BAIK

Aegidius Krisnandito, Priyandaru (2017) STRATEGI KOMUNIKASI KOMUNITAS KERONCONG IRAMA TONGKOL TEDUH DALAM UPAYA MEMBANGUN CITRA BAIK. [Experiment]

[img]
Preview
Text
388-IK-X-2017-AEGIDIUS KRISNANDITO-13530036 B.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Strategi komunikasi merupakan suatu keputusan kondisional yang digunakan untuk mencapai suatu tujuan. Strategi komunikasi pada Komunitas Keroncong Irama Tongkol Teduh digunakan untuk membangun citra komunitas yang baik. Dominasi musik mainstream serta sedikitya media massa yang menyiarkan konten musik keroncong menyebabkan kurang dikenalnya jenis musik ini di kalangan orang muda, untuk itu baik buruknya strategi komunikasi yang digunakan Komunitas Keroncong Irama Tongkol Teduh akan berpengaruh pada citra komunitas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, karena peneliti menginginkan data yang bersifat naratif dengan menggunakan teknik wawancara mendalam sehingga data yang diperoleh tidak dapat diteliti menggunakan metode penelitian lainnya. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan 6 orang informan. Proses analisis data dilakukan dengan teknik analisis kualitatif dengan langkah mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi organisasi dan teori public relation terutama teori citra. Strategi Komunikasi Komunitas Keroncong Irama Tongkol Teduh dalam Upaya Membangun Citra Baik adalah dengan memperbaiki internal komunitas melalui perbaikan iklim komunikasi. Iklim komuikasi yang baik diciptakan dengan penerapan sistem open management, pola komunikasi horizontal (sejajar), penyelesaian masalah dengan forum diskusi, serta penggunaan satu media komunikasi. Strategi pemasaran (publikasi) yang digunakan komunitas ini adalah dengan memanfaatkan media online (instagram & soundcloud). Selain menggunakan media online komunitas ini juga menggunakan media pemasaran langsung baik komunikasi dari mulut ke telinga maupun dengan melakukan liveshow dan kolaborasi dengan komunitas kesenian lain.

Item Type: Experiment
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2018 06:53
Last Modified: 05 Mar 2018 06:53
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/153

Actions (login required)

View Item View Item