Search for collections on STPMD APMD Repository

PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI DI OLIVINE CAFE

ALFONSIUS, INDRAWAN SYUKUR (2021) PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI DI OLIVINE CAFE. [Experiment] (Submitted)

[img] Text
ALFONSIUS INDRAWAN SYUKUR 16530023.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemajuan teknologi yang semakin hari semakin pesat menjadikan segala pekerjaan yang dilakukan menjadi lebih muda dengan bantuan hasil perkembangan teknologi tersebut, salah satu dampak dari kemajuan teknologi itu ialah terciptanya media sosial yang dapat membuat semua orang bisa saling berinteraksi dengan cepat meskipun berada di tempat yang jauh. Melihat dampak yang baik dari kemajuan teknologi tersbut, Olivne Cafe memanfaatkan kelebihan media sosial untuk melakukan promosi terhadap menu-menu yang disediakan maupun kegiatan-kegiatan yang berlangsung di Olivine Cafe, media sosial yang dipih pihak Olivine Cafe ialah instagram karena menurut pihak cafe instagram merupakan media sosial yang sangat populer dikalangan masyarakat untuk saat ini, bahkan menjadikan media sosial instagram menjadi sebuah trend yang beredar dimasyarakat. Olivine Cafe sangat bergantung pada media sosial instagram untuk mencapai tujuan promosi yang mereka lakukan, maka dari itu peneliti menentukan tujuan penelitian pada penulisan skripsi yang dilakukan peneliti berupa penggunaan media sosial instagram oleh Olivine Cafe untuk melakukan promosi kepada masyarakat terkait menu-menu yang disediakan cafe dan kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh pihak Olivine Cafe, selain itu tujuan lainnya ialah untuk mengetahui respon yang diberikan oleh konsumen terhadap Olivine Cafe sebagai pihak yang memanfaatkan instagram sebagai media promosi. Dalam penulisan ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan beberapa tehnik perolehan data untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, diantaranya ialah observasi berupa pengamatan terhadap objek yang diteliti, yang berikut ada metode wawancara dengan purposive sampling, dimana peniliti melakukan sesi tanya jawab terhadap mas Dito selaku pemilik, admin instagram Olivine Cafe yaitu Eko dab beberapa pengunjung yang hadir seperti Mala,Tika, dan Adrian, pemilihan informasn ini dipilih berdasarkan arahan dari waiter Olivine Cafe karena dianggap menjadi pengunjung yang sering mendatangi cafe, dan metode yang terakir ialah dokumentasi yang merupakan kumpulan foto yang ada pada akun instagram Olivine Cafe. Setelah melakulkan penelitian, peneliti menemuka bahwa pihak Olivine Cafe telah melakukan kegiatan promosi menggunakan instagram dengan baik dengan memanfaatkan beberapa kelebihan media sosial tersebut dan memanfaatkan beberapa fitur yang tersedia didalamnya, Olivine Cafe juga mendapat respon baik dan membangun yang dikemukakan konsumen dalam sesi wawancara yang dilakukan peneliti.

Item Type: Experiment
Additional Information: 16530023
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr okie fajaruddin
Date Deposited: 28 Oct 2021 06:35
Last Modified: 01 Nov 2021 02:49
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/1538

Actions (login required)

View Item View Item