JUNIA, BONIVASIA INA KAKA (2021) STRATEGI PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK MELALUI SISTEM INFORMASI DESA DI DESA WONOKERTO, KECAMATAN TURI, KABUPATEN SLEMAN, DIY. [Experiment]
Text
Junia Bonivasia Ina Kaka_17520146.pdf Download (12MB) |
Abstract
Berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik menekankan pemerintah wajib memberikan pelayanan publik kepada masyarakat, baik Pusat maupun Daerah, pemerintah desa menjadi salah satu lembaga publik yang memiliki kewenangan dan kewajiban untuk menyelenggarakan pelayanan publik yang terbuka, efisien, efektif, serta bertangung jawab. Pelayanan publik mempunyai akses yaitu Sistem Informasi Desa berdasarkan Undang-undang Desa Nomor 6 Tahun 2014 Pemerintah Desa dan Pemerintah Daerah wajib mengembangkan Sistem Informasi Desa (SID) dan pembangunan kawasan pedesaan. Dengan manfaat Sistem Informasi Desa, merupakan salah satu upaya pemerintah desa untuk mengwujudkan pembangunan, mengwujudkan pemerintahan yang baik (good governance), transparan dan akuntabel. Pemerintah Desa Wonokerto melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat seperti adanya rapat yang dilakukan secara rutin, sudah memberikan pelayanan yang baik kepada masyakat, dan sudah menerapan sistem informasi desa berbasis id. Namun pelayanan di Desa Wonokerto masih sangat kurang optimal dikarenakan masih terdapat aparatur kurang disiplin dalam bekerja, kurangnya sumber daya manusia, ketrampilan perangkat desa dalam mengoperasi komputer masih sangat terbatas jaringan belum optimal dan sistem yang ada belum diterapakan secara optimal. Dengan demikian rumusan masalah yang ada pada penelitian ini yakni, Bagaiaman Strategi Pemerintah Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Melalui Sistem Informasi Desa Di Desa Wonokerto Kecamatan Turi Kabupaten Sleman. Jenis dan metode penelitian mengunakan deskriptif kualitatif, subjek dari penelitian ini ialah, kepala desa, sekretaris desa, kasih pemerintahan ketua BPD, dan masyarakat. Teknik penentuan informan menggunakan proposive. Dengan ruang lingkup dari penelitian ini yang pertama, Strength (kekuatan) dalam meningkatkan pelayanan publik melalui sistem informasi desa. yang kedua, Weakness (kelemahan) dalam meningkatkan pelayanan publik melalui sistem informasi desa. yang ketiga Opportunity (kesempatan) dalam meningkatkan pelayanan publik melalui sistem informasi desa. yang keempat Thereaths (ancaman) dalam meningkatkan pelayanan publik melalui sistem informasi desa. Berdasarkan hasil penelitian terdapat beberapa kesimpulan yang pertama, pemerintah desa melakukan beberapa strategi dalam meningkat pelayanan publik melalui sistem informasi desa yaitu kurangnya jaringan yang ada di Desa Wonokerto membuat aktivitas yang berhubungan dengan sistem tidak berjalan dengan maksimal adapun upaya Pemerintah Desa Wonokerto seperti memasang Wifi yang dibiayai oleh desa, memberikan penyuluhan dengan mempromosikan Sidewo.id, penerapan sistem informasi yang berkaitan dengan pelayanan, dan menyampaikan informasi melalui papan informasi dan spanduk.
Item Type: | Experiment |
---|---|
Additional Information: | 17520146 |
Subjects: | J Political Science > JS Local government Municipal government T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 02 Nov 2021 05:43 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 05:43 |
URI: | http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/1616 |
Actions (login required)
View Item |