Search for collections on STPMD APMD Repository

KINERJA PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK (STUDI PENELITIAN DESKRIPTIF KUALITATIF DI DESA SELERONG, MUARA KOMAN KABUPATEN PASER PROVINSI KALIMANTAN TIMUR)

MAULANA, RIDO LEKSONO (2021) KINERJA PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK (STUDI PENELITIAN DESKRIPTIF KUALITATIF DI DESA SELERONG, MUARA KOMAN KABUPATEN PASER PROVINSI KALIMANTAN TIMUR). [Experiment]

[img] Text
MAULANA RIDO LEKSONO_16520265.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kinerja pemerintah desa dalam pelayanan masyarakat/publik menjadi sebuah kebutuhan dalam rangka mewujudkan tujuan pemerintah desa. pemerintah desa hadir dalam mewujudkan dan meningkatkan pelayanan publik, kualitas SDM sangat penting untuk ditingkatkan agar kapasitas aparatur desa bisa baik dan optimal, sarana dan prasarana yang memadai juga akan berpengaruh dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. pemerintah desa dan masyarakat harus saling bersinergi dalam mewujudkan kinerja pelayanan publik yang baik. Dari hal tersebut, maka peneliti melakukan penelitian tentang bagaimana kinerja pemerintah desa dalam meningkatkan pelayanan publik didesa Selerong, Kecamatan Muara Komam Kabupaten Paser. Tujuan utama penelitian ini adalah Untuk mengetahui gambaran kinerja pemerintah desa dalam meningkatkan pelayanan publik dalam administrasi. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini penulis mempunyai 8 informan yaitu Kepala Desa, Perangkat Desa, Ketua BPD, Ketua BUMDES, Tokoh masyarakat. Teknik penentuan informan mengunakan Teknik purposive. Informan ini tentunya mampu memberikan data objektif terkait Kinerja Pemerintah Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik. Dengan Teknik analisis data menggunakan Teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan, Pertama : Produktivitas Pemerintah Desa Selerong dalam proses pelayanan kependudukan dilakukan bagian administrasi umum. dalam hal ini ditunjukan dengan banyaknya pelayanan yang dilakukan terhadap masyarakat yang ingin melakukan pengurusan dokumen administrasi. Pemerintah Desa dapat mengatasi masalah dengan membuat arsip/dokumen cadangan. dan selanjutnya di simpan dalam dokumen buku administrasi penduduk mulai dari buku data induk penduduk, buku data mutase penduduk dan buku data rekapitulasi jumlah penduduk akhir bulan. Kedua : Akuntabilitas atau pertanggungjawaban Pemerintah Desa Selerong dalam pelayanan ditunjukkan dengan adanya data pelaporan setiap kegiatan masing-masing setiap bidang, misalnya pelaporan dalam administrasi kependudukan. Adapun dokumen laporan keuangan setiap bulan dari staf keuangan yang dikoordinasi oleh sekretaris desa dalam bentuk SPJ (Surat PertanggungJawaban) sudah berjalan baik. Hanya saja Pemerintah desa belum optimal memenuhi kebutuhan masyarakat dalam pelayanan publik dan masih adanya ketidakdisiplinan dari segi waktu pemerintah desa atau ketidaksesuaian antara peraturan dengan perilaku pemerintah desa. Ketiga : Responsivitas dalam pelayanan pemerintah desa sudah berjalan baik. Dapat dilihat dari respon para perangkat desa dari berbagai bidang pemerintahan desa. masalah masyarakat yang kurang memahami prosedur, pemerintah desa harus saling berkoordinasi antara pimpinan hingga staf perangkat desa dalam menyikapi permasalahan yang dihadapi masyarakat. Keempat : Responsibilitas, Pemerintah Desa Selerong memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat/publik sesuai dengan peraturan dan standar operasional prosedur. pemerintah desa memberikan pendampingan yaitu dengan melakukan komunikasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang pemahaman terkait tahap-tahap pemberian pelayanan administrasi yang baik dan benar. Kelima : Transparansi Pemerintah desa Selerong berusaha untuk memberikan informasi kepada masyarakat Selerong dalam kegiatan yang dilakukan pemerintahan desa, dapat dilihat seperti misalnya dalam keterbukaan informasi tentang anggaran desa, perencanaan, pelaksanaan, sampai dengan penggunaan dana yang dilakukan pemerintah desa dalam bentuk media spanduk/baliho yang di pajang di lingkungan kantor desa.

Item Type: Experiment
Additional Information: 16520265
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2021 07:00
Last Modified: 02 Nov 2021 07:00
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/1629

Actions (login required)

View Item View Item