Richard, Rahawarin (2016) Strategi Komunikasi Pemerintah Desa dalam Upaya Pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) (Suatu Penelitian Deskriptif Kualitatif di Desa Kemiri Kecamatan Tanjungsari,Kabupaten Gunungkidul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta). [Experiment]
|
Text
352-IK-X-2016-RICHARD RAHAWARIN-12530022_B.pdf Download (415kB) | Preview |
Abstract
Pemerintah membuat suatu kebijakan baru yang mengatur tentang desa yaitu Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014, hal ini tentunya membawa angin segar kepada desa, karena dalam aturan tersebut secara terperinci sangat jelas diatur mengenai kewenangan-kewenangan desa, termasuk dalam pengelolaan keuangan, dengan di tentukannya pembagian dana kepada setiap desa dari dana APBN, tentunya memungkinkan desa meningkatkan kreatifitasnya dalam meningkatkan pendapatan desa. Adapun penulis manfaat tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui strategi komunikasi pemerintah desa dalam upaya pembentukan badan usaha milik desa. Dalam penulisan skripsi ini penulis melakukan jenis penelitian kualitatif adapun teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik observasi, teknik wawancara, dan dokumentasi unit analisisnya adalah kepala desa beserta perangkat desa sedangkan teknik analisisnya menggunakan analisis deskriptif kualitatif Dalam strategi peningkatan pendapatan desa melalui badan usaha mulik desa, sesuai dengan hasil penelitian pemerintah desa belum melakukan sosialisasi kepada masyarakat desa sehingga belum dapat memutuskan suatu keputusan besama masyarakat desa secara musyawara, dimana ada beberapa langkah yang harus dilakukan oleh pemerintah desa, namun hal ini belum juga dilaksankaan oleh pemerintah desa, seperti melakukan sosialisasi bersama seluruh masyarakat Desa Kemiri.Peran pemerintah desa sebagai alat komunikasi antar lembaga pemerintah desa itu sendiri dan masyarakat, sesuai dengan hasil penelitian, komunikasi yang terjadi belum cukup efektif untuk menjadi sarana sosialisasi kepada masyarakat desa, sehingga belum dapat menyatukan persepsi antar pemerintah desa dengan masyarakat, khususnya dalam pembentukan badan usaha milik desa BUM Desa, yang dimaksudkan untuk peningkatan pendapatan desa. Kata kunci : Strategi komunikasi, Pemerintah desa, BUM Desa
Item Type: | Experiment |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races J Political Science > JS Local government Municipal government |
Divisions: | Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Users 11 not found. |
Date Deposited: | 05 Mar 2018 06:54 |
Last Modified: | 05 Mar 2018 06:54 |
URI: | http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/169 |
Actions (login required)
View Item |