Search for collections on STPMD APMD Repository

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KOMUNIKASI PEMBERDAYAAN KELUARGA OLEH KOMITE KESEJAHTERAAN DAN PERLINDUNGAN ANAK KALURAHAN GILANGHARJO KAPANEWON PANDAK BANTUL

Esterlina, Maria Esteves (2022) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KOMUNIKASI PEMBERDAYAAN KELUARGA OLEH KOMITE KESEJAHTERAAN DAN PERLINDUNGAN ANAK KALURAHAN GILANGHARJO KAPANEWON PANDAK BANTUL. [Experiment]

[img]
Preview
Text
ESTERLINA MARIA ESTEVES_18530001.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Komite Kesejahteraan dan Perlindungan Anak (KKPA) di Kelurahan Gilangharjo adalah lembaga masyarakat untuk mewudjudkan situasi dan kondisi bagi perlingdungan anak demi mewujudkan masa depan yang lebih baik. Untuk program kerja KKPA di Kalurahan Gilangharjo adalah mendampingi anak yang menjadi korban kekerasan baik dalam rumah maupun di luar rumah hingga kasus selesai. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah persepsi masyarakat terhadap komunikasi pemberdayaan keluarga oleh komite kesejahteraan dan perlindungan anak Kalurahan Gilangharjo, Kapanewon Pandak Bantul. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, untuk teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi dan kepustakaan. Dan untuk teknik pegambilan informan menggunakan Purposive Sampling dengan jumlah informan yang diambil sebanyak 10 orang yang terdiri dari masyarakat yang sudah pernah melakukan konsultasi dengan KKPA, yang belum pernah melakukan konsultasi dengan KKPA dan juga sudah pernah melakukan interaksi dengan KKPA. Dari hasil penelitian yang penulis dapatakan bahwa KKPA di Kalurahan Gilangharjo yaitu mendampingi anak menjadi korban kekerasan baik dalam rumah tangga maupun diluar rumah hingga kasus selesai. KKPA hadir untuk mendengar kelukesah masyarakat memberi jalan terang, menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi di Kalurahan Gilangharjo sehingga aktivitas komunikasi sangat penting dalam kehidupan sosial teruntuk di kader-kader KKPA. Dengan adanya proses komunikasi atau interaksi yang baik dilakukan oleh kader KKPA pada masyarakat akan membantu kelancaran sebuah organisasi teruntuk meningkatakan kualitas KKPA tersebut. Walaupun beberapa masyarakat yang menyatakan bahwa proses komunikasi yang dilakukan oleh kader KKPA sudah efektif tetapi ada juga yang menyatakan belum sehingga kalau bisa dimaksimalkan lagi agar organisasi atau KKPA tetap eksis untuk mewujudkan masa depan masyarakat. Dari hasil keselurahan tentang persepsi masyarakat terhadap KKPA tergolong positif semua karena keberadaan KKPA sangat membantu masyarakat sehingga masyarakat sangat apresiasi sekali terhadap keberadaan KKPA. Kata kunci: Persepsi. Masyarakat. Komunikasi Pemberdayaan. KKPA.

Item Type: Experiment
Additional Information: NIM: 18530001
Divisions: Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr okie fajaruddin
Date Deposited: 19 Apr 2022 05:58
Last Modified: 19 Apr 2022 05:58
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/1709

Actions (login required)

View Item View Item