CHRISTIANDY, CHRISTIANDY (2021) “KAPASITAS PEMERINTAH KALURAHAN DALAM PELAYANAN ADMINISTARSI DI KALURAHAN TAMANMARTANI KAPANEWON KALASAN KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA”. Sarjana thesis, Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa STPMD "APMD".
|
Text
CHRISTIANDY_16520211.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
INTISARI Kapasitas Pemerintah Kalurahan dalam pelayanan administrasi, khususnya pelayanan administrasi kependudukan, perlu memperhatikan beberapa aspek, mulai dari pemahaman, keterampilan, kemampuan, hingga penyelengaraan pelayanan. Keempat hal tersebut harus saling melengkapi, demi terwujudnya pelayanan administrasi kependudukan yang maksimal dan baik. Kalurahan Tamanmartani, merupakan Kalurahan yang terletak di Kapanewon Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang berisikan perangkat pemerintahan dengan berbagai pemahaman, kemampuan dan keterampilan dalam penyelenggaraan pelayanan administrasi kependudukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan kapasitas Pemerintah kalurahan dalam pelayanan administrasi penduduk di Kalurahan Tamanmartani Kapanewon Kalasan Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta; dan 2) Mengetahui hambatan dalam kapasitas Pemerintah kalurahan dalam pelayanan administrasi penduduk di Kalurahan Tamanmartani Kapanewon Kalasan Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik penentuan narasumber menggunakan teknik purposive . Subjek dalam penelitian ini adalah 15 narasumber yang terbagi dalam Pemerintah Kalurahan, Dukuh, Ketua Pokja Pembangunan, Ketua Karang Taruna, dan Masyarakat pengguna jasa. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, pengamatan dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pemahaman tentang peraturan pelayanan adminstrasi, prinsip pelayanan administrasi, dan azas pelayanan yang telah di jalankan dengan baik; 2) Keterampilan dalam hal memberikan pelayanan pada masyarakat, memahami dan memotivasi orang lain sebagai individu atau dalam kelompok, dan mengurus, mengatur, dan mencatat informasi tentang pelaksanaan dan hasil yang dicapai serta sebagai hambatan-hambatan yang dialami maupun kemampuan mengikuti kebijakan dan prosedur yang telah dilakukan oleh pemerintah Kalurahan Tamanmartani berjalanan dengan baik dan bersifat komunikatif antara pemerintah Kalurahan dengan masyarakatnya; 3) Kemampuan untuk mengerjakan tugasnya sesuai dengan prosedur yang ditetapkan, memahami jenis pelayanan administrasi penduduk yang dibutuhkan oleh masyarakat, dan berkomunikasi dengan baik dan siap menerima saran atau masukan untuk keberhasilan tugasnya yang telah dilakukan oleh pemerintah Kalurahan Tamanmartani sudah berjalan sesuai SOP (Standar Operasional Pelayanan); 4) Penyelengaraan Pelayanan Administrasi Penduduk telah dilakukan dan di jalankan oleh pemerintah Kalurahan Tamanmartani sudah berjalan sesuai prosedural dan sudah berjalan baik; dan 5) Hambatan-hambatan yang dialami di antaranya adalah kurangnya pemahaman dan kemampuan perangkat pemerintahan dalam mengikuti kebijakan dan prosedur yang telah ditetapkan, serta kurangnya kesadaran masyarakat akan administrasi sehingga update data menjadi terkendala. Kata Kunci : Kapasitas, Pemerintah Kalurahan, Pelayanan Administrasi
Item Type: | Skripsi dan Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Mr Rendi Yogi |
Date Deposited: | 22 Apr 2022 06:20 |
Last Modified: | 22 Apr 2022 06:20 |
URI: | http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/1756 |
Actions (login required)
View Item |