Search for collections on STPMD APMD Repository

Optimalisasi Sistem Informasi Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Di Desa

KUSUMA, KARTA (2022) Optimalisasi Sistem Informasi Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Di Desa. Sarjana thesis, SEKOLAH TINGGI PEMBANGUNAN MASYARAKAT DESA STPMD "APMD".

[img]
Preview
Text
KARTA KUSUMA_16520274.pdf

Download (62MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan UU Desa No. 6/2014 pemerintah dan pemerintah daerah wajib mengembangkan Sisitem Informasi Desa (SID) dan pembangunan kawasan perdesaan. Dengan manfaat Sistem Informasi Desa, merupakan salah satu upaya pemerintah desa untuk mewujudkan pembangunan, mewujudkan pemerintah yang baik (good governance), transparan dan akuntabel. Sisitem Informasi Desa akan memberikan akses publik akan informasi sesuai dengan UU pelayanan publik, yakni UU Nomor 25 Tahun 2009. Peneliti ini bertujuan mendeskripsikan Sistem Informasi Desa (SID) dalam meningkatkan Pelayanan Publik di Desa Pa’Payak. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Yang menjadi fokus peneliti adalah stakeholder Pemerintah Desa Pa’Payak dalam memanfaatkan program SID, dalam upaya untuk meningkatkan pelayanan publik di Desa Pa’Payak, dan kepada masyarakat Desa Pa’Payak dalam memperoleh informasi melalui SID, yang mereka butuhkan dari Pemerintah Desa Pa’Payak. Serta informan yang memiliki kapasitas dalam mendukung pemanfaatan SID di Desa Pa’Payak. Teknik memperoleh data didapatkan dari : observasi, wawncara terhadap informasi yang dianggap memiliki keterkaitan dengan tujuan penelitian. Teknis analisis data adalah dengan cara reduksi data, penyajian data dan pengambilan keputusan. Dari hasil penelitian didapatkan : 1) Pemanfaatan Program SID di Desa Pa’Payak mendorong terjalinnya komunikasi, partisipasi dan demokrasi yang baik antara Pemerintah Desa Pa’Payak dengan masyarakat Desa Pa’Payak. Kedua belah pihak saling memberikan feedback yang dibutuhkan. Dengan Sistem Informasi Desa Pemerintah Desa Pa’Payak dapat memberikan pelayanan publik, yang transparan dan akuntabel dengan maksimal kepada masyarakat Desa Pa’Payak; 2) Keberadaan SID menjadi tanda perubahan dan pembangunan Pemerintah Desa Pa’Payak menjadi lebih baik dari sebelumnya. Pemerintah Desa Pa’Payak dapat mewujudkan keterbukaan informasi dalam pelayanan publik dengan baik dan dapat diterima oleh semua lapisan masyarakat Desa Pa’Payak; 3) Pelayanan Publik, keterbukaan imformasi publik yang transparan dan akuntabel dari pemerintah Desa Pa’Payak, sangat dirasakan dan didapatkan oleh masyarakat Desa Pa’Payak; 4) dengan Sisitem Informasi Desa (SID) maka Pemerintah Desa Pa’Payak telah menjalankan amanat UU antara lain : UUD 1945, yaitu pada pasal 28F, UU Desa No. 6/2014 Bab IX Pembangunan Desa dan Pembangunan Kawasan Pedesaan bagi ketiga Sistem Informasi Desa (SID) dan UU Nomor 25 Tahun 2009, tentang pelayanan publik. Beberapa manfaat SID di Desa Pa’Payak antar lain : (1) untuk perencanaan pembangunan; (2) untuk keterbukaan informasi; (3) untuk pendataan kemiskinan; (4) dan untuk pelayanan publik.

Item Type: Skripsi dan Thesis (Sarjana)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: siska siska widayanti
Date Deposited: 25 Apr 2022 02:31
Last Modified: 25 Apr 2022 02:31
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/1765

Actions (login required)

View Item View Item