Search for collections on STPMD APMD Repository

PELAYANAN PUBLIK BIDANG ADMINITRASI KEPENDUDUKAN

Adhitia Suseno Putro, Boy (2021) PELAYANAN PUBLIK BIDANG ADMINITRASI KEPENDUDUKAN. Sarjana thesis, Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa STPMD "APMD".

[img]
Preview
Text
BOY ADHITIA SUSENO PUTRO_17520016.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pacitan merupakan institusi pelayanan kependudukan yang berlokasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. DISDUKCAPIL Kabupaten Pacitan menjadi salah satu tempat untuk menyelenggarakan pelayanan publik berbentuk online yang ada di Kabupaten Pacitan dan selain itu DISDUKCAPIL memiliki tanggung jawab mendata dan mengelola data kependudukan dan juga tanggung jawab membantu Bupati Pacitan dalam penyelenggaraan pemerintahan sesuai dengan tugas dan fungsinya. Terdapat masalah yang terjadi pada pelayanannya seperti kurang fokus dalam memberikan pelayanan, pegawai kurang on time sehabis jam makan siang dan masa pandemi terdapat pembatasan dalam hal memberikan pelayanan. Maka dari itu peneliti ingin mengetahui bagaimana upaya pelayanan yang terjadi pada masa pandemi Covid 19. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah Kepala Dinas Dukcapil, Sekertariat dinas, Staf Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Staf Pelayanan Pencatatan Sipil, Staf Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data, Front office, Operator dan Pengguna layanan. Informan di tentukan dengan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang di gunakan adalah deskriftif kualitatif. Hasil Penelitian Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pacitan dalam kondisi normal semua pelayanan dapat dilakukan secara tatap muka dikantor kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten Pacitan, namun sejak adanya pandemi virus corona semua kegiatan tatap muka tidak berjalan seperti sebelumnya yang masyarakat bebas datang ke kantor, tetapi sekarang yang dapat datang ke kantor hanya masyarakat yang memerlukan kepengurusan pelayanan dokumen penting dan pelayanan lainnya secara online. Hal ini sedikit banyak juga berpengaruh terhadap pelayanan yang diberikan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, sekaligus juga merupakan tantangan untuk dapat memberikan pelayanan secara online. Tentu dalam praktiknya pelayanan secara online belum dapat terlaksana secara maksimal mengingat pelayanan secara online merupakan hal baru bagi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan masyarakat sebagai pengguna layanan. Kata Kunci : Pelayanan Publik Administrasi Kependudukan.

Item Type: Skripsi dan Thesis (Sarjana)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
J Political Science > JV Colonies and colonization. Emigration and immigration. International migration
Divisions: Program Pendidikan Magister > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Mr okie fajaruddin
Date Deposited: 25 Apr 2022 03:34
Last Modified: 25 Apr 2022 03:34
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/1775

Actions (login required)

View Item View Item