Search for collections on STPMD APMD Repository

PENERAPAN E-GOVERMENT DALAM PELAYANAN PUBLIK DAN EFEKTIVITAS LAYANAN NPWP ONLINE MELALUI E-REGISTRATION DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA SLEMAN.

Dengo Male, Dionisius (2022) PENERAPAN E-GOVERMENT DALAM PELAYANAN PUBLIK DAN EFEKTIVITAS LAYANAN NPWP ONLINE MELALUI E-REGISTRATION DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA SLEMAN. Sarjana thesis, Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa STPMD "APMD".

[img]
Preview
Text
DIONISIUS DENGO MALE 19520202.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

INTISARI Perkembangan zaman yang diiringi dengan perkembangan teknologi membuat semua bidang harus masuk ke dunia elektronik, termasuk pemerintahan. Pemerintahan elektronik atau yang lebih dikenal dengan E-government sudah banyak diterapkan dalam pelayanan publik di berbagai instansi pemerintah pusat, provinsi, maupun daerah, termasuk di dalamnya Kantor Pajak Pratama Sleman. Di era yang serba cepat ini, KPP Pratama Sleman harus pandai-pandai mengikuti arus globalisasi demi meningkatkan pendapatan negara melalui NPWP online yang dilakukan melalui e-registration. Hal ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat atau para Wajib pajak dalam mengakses NPWP kapan saja dan darimana saja. Dengan demikian, penerapan E-government dalam pelayanan publik melalui NPWP online dapat dilakukan. Namun, kenyataan yang terjadi di lapangan tidak sesuai dengan ekspektasi. Data KPP Pratama Sleman menunjukkan penurunan pembayaran pajak dari tahun ke tahun sejak diberlakukannya kebijakan baru ini. Dengan masalah tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk (1) mengetahui bagaimana penerapan e-government dalam pelayanan publik di KPP Pratama Sleman dengan mengacu pada teori e-government yang dikemukan pakarnya; (2) mendeskripsikan keefektivan e-government dalam pelayanan publik tersebut dalam layanan NPWP Online melalui e-registration di KPP Pratama Sleman. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori e-government menurut Indrajit (2018) dan teori efektivitas menurut H.Emerson. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dimana data yang diperoleh melalui wawancara dengan tujuh informan dianalisa berdasarkan teori yang digunakan. Dalam melakukan wawancara, peneliti juga mengambil data dengan teknik dokumentasi untuk merekam hasil wawancara yang diubah ke script. Setelah melakukan wawancara, dilakukan observasi untuk memastikan kebenaran jawaban para informan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) e-government dalam pelayanan publik di KPP Pratama Sleman sudah secara baik memenuhi indikatorindikator yang diperlukan dalam penerapan e-government, seperti sudah turut melakukan pengawasan terhadap pengembangan aplikasi yang dilakukan oleh KPP Pusat, melakukan pelatihan dan pengembangan kompetensi secara berkala, menyediakan infrastruktur dan komunikasi yang baik melalui helpdesk konsultasi yang disediakan, mempunyai payung hukum yang jelas, dan menangani pola permodalan dengan cukup baik. (2) efektivitas layanan NPWP online melalui beberapa pendekatan sudah sedikit meningkat dari sebelumnya dengan adanya sistem e-registration yang sudah sangat baik. Namun hal ini masih belum mampu memenuhi target dikarenakan sosialisasi yang kurang intensif. Kata Kunci : e-government, pelayanan publik NPWP online, efektivitas

Item Type: Skripsi dan Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Mr Rendi Yogi
Date Deposited: 27 Apr 2022 04:21
Last Modified: 27 Apr 2022 04:21
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/1808

Actions (login required)

View Item View Item