Kodnis, Benu (2016) Strategi Komunikasi Persuasif Kepala Desa Terpilih dalam Memenangkan Pemilihan(Studi Deskriptif Kualitatif di Desa Nakfunu Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT). [Experiment]
|
Text
364-IK-X-2016-KODNIS BENU-12530024_B.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Setiap calon yang maju didalam pemilihan kepala desa pasti berkeinginan untuk memenangkannya, dan membutuhkan strategi untuk hal tersebut. Strategi yang dipilih pasti bertujuan untuk memenagkan persaingan tersebut, begitu juga dengan kepala desa terpilih di Desa Nakfunu memiliki strategi yang digunakan untuk memenangkan didalam pemilihan kepala desa tahun 2016 dalam pesta demokrasi desa. Bertolak dari hal tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui strategi komunikasi persuasif dalam memenangkan pemilihan dan (2) untuk mengetahui program-program kerja yang ditawarkan kepada masyarakat pada saat kampanye serta hambatan yang dihadapi oleh kepala desa terpilih. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di Desa Nakfunu Kab. Timor Tengah Selatan NTT. Fokus penelitian ini adalah: (1) Strategi komunikasi persuasif yang meliputi: strategi pemenangan, cara manggalang dukungan, visi dan misi dari kepala desa dan (2) Program kerja yang ditawarkan meliputi: cara merumuskan dan cara mensosialisasikan program kerja. (3) Strategi yang dilakukan kepala desa adalah pendekatan secara oko mama. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, dalam penelitian ini teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi membandingkan hasil pengamatan dengan hasil wawancara dan membandingkan hasil wawancara dengan isi dokumen yang berkaitan. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi persuasif ini bersifat kebudayaan atau secara adat yang digunakan kepala desa terpilih dimulai dengan melakukan pemantauan terhadap lawan politiknya untuk mengetahui kekurangan strategi yang dikembangkan oleh lawan politiknya, untuk mencarai dukungan dari warga masyarakat dilakukan pendekatan secara group dan personal, dan strategi pemenangan yang digunakan adalah (1) menentukan basis masa pendukung, merumuskan konsep kampanye dan juga cara menyususun program kerja yang ditawarkan kepada masyarakat; (2) masyarakat yang menjadi targetnya atau masyarakat yang masih mengambang dan juga strategi dengan menjaga agar massa yang telah loyal pada Justus F. Taneo S.Pd tetap memilihnya sampai hari H sebelum pemilihan; Masyarakat yang menjadi targetnya atau masyarakat yang masih mengambang untuk mengenalkan visi, misi dan program kerja yang dibawa bapak Justus F. Taneo S.Pd . Program kerja yang ditawarkan kepada masyarakat sesuai dengan keadaan desa dan memperhatikan kebutuhan masyarakat desa. Kata kunci :Strategi komunikasi persuasif, Kepala Desa.
Item Type: | Experiment |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications J Political Science > JA Political science (General) J Political Science > JS Local government Municipal government |
Divisions: | Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Users 11 not found. |
Date Deposited: | 05 Mar 2018 06:55 |
Last Modified: | 05 Mar 2018 06:55 |
URI: | http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/184 |
Actions (login required)
View Item |