Search for collections on STPMD APMD Repository

KINERJA PEGAWAI DALAM PELAYANAN PUBLIK (Srudi Deskriptif Kualitatif Tentang Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Publik Di Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta)

Verison, Kemong (2017) KINERJA PEGAWAI DALAM PELAYANAN PUBLIK (Srudi Deskriptif Kualitatif Tentang Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Publik Di Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta). [Experiment]

[img]
Preview
Text
503-IP-IV-2017-YERISON KEMONG-12520120.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang Kinerja Pegawai dalam pelayanan pembuatan E-KTP dan untuk mengidentifikasikan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam memberikan pelayanan E-KTP di Kantor Kecamatan Tanjungsari kabupaten Gunungkidul.Ketiga fungsi birokrasi pemerintahan tersebut diatas, dapat diartikan bahwa pelayanan publik yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah, cakupannya sangat luas dalam wilayah yaitu pelayanan yang menghasilkan barang publik, seperti jalan, jembatan, pasar dan lain lain, serta pelayanan yang menghasilkan peraturan perundang -undangan atau kebijakan yang dipatuhi oleh masyarakat (fungsi regulasi), seperti perizinan, E -KTP, dan kebutuhan lainnya.Tentunya pelayanan yang diberikan harus memberikan kepuasan terhadap masyarakat.Pemerintah di dalam menyelenggarakan pelayanan publik masih relative banyak dijumpai kekurangan sehingga jika dilihat dari segi kualitas belum seperti yang diharapkan masyarakat.Mengacu pada beberapa uraian di atas buruknya pelayanan publik ini antara lain dikarenakan belum optimalnya transparansi dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Oleh karena itu, pelayanan public harus dilaksanakan sec ara transparan dan akuntabel oleh setiap unit pelayanan instansi pemerintah, karena kualiatas kinerja birokrasi pelayanan publik memiliki implikasi yang luas dalam mencapai kesejahteraan masyarakat.Kinerja pegawai pemerintah sangatlah penting untuk pencapaian tujuan organisasi pemerintahan Kecamatan dalam pelayanan kepada masyarakat (publik),melaksanakan kegiatan pembangunan dan juga dalam penyelenggaraan pemerintahan.Oleh sebab itu, dalam rangka untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, sangatlah dibutuhkan profesionalisme para pegawai yang bekerja pada suatu instansi pemerintahan di kecamatan agar kinerjanya memuaskan dan dapat dikatakan maksimal serta sesuai dengan harapan masyarakat.Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan Teknik p engambilan informan penelitian dengan menggunakan purposive, yaitu pemilihan informan dengan menggunakan pertimbangan atau kriteria tertentu” Jumlah Informan 15 orang wawancara dalam penelitan ini .Sedangkan objek penelitian ini adalah Strategi kantor kecamatan Kinerja Pegawai dalam pelayanan publik.Lokasi penelitian adalah di kantor Camat Tanjungsari kabupaten Gunungkidul.Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi.Dalam penelitian ini penulis melakukan pengambilan data di lapangan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Masing-masing data yang diperoleh tersebut kemudian dikumpulkan. Kesimpulan bahwa Bahwa kinerja pegawai dalam pelayanan publik di Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul,yang dikaji melalui wawancara dan pengamatan langsung terhadap beberapa indikator dapat disimpulkan berada pada kategori belum optimal, sehingga sangat berpengaruh pada kinerja pegawai kecamatan Tanjungsari dalam memberikan pelayanan publik, demikian halnya faktor-faktor yang mempengaruhi pelayanan publik di Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul yang dikaji dari dua faktor. Faktor tersebut adalah faktor internal dan faktor eksternal.Hasil penelitian yang telah dilakukan melalui wawancara mendalam dan langsung ke obyek penelitian dari masing-masing indikator dapat disimpulkan berada pada kategori belum optimal.

Item Type: Experiment
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2018 07:00
Last Modified: 05 Mar 2018 07:00
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/202

Actions (login required)

View Item View Item