Search for collections on STPMD APMD Repository

Evaluasi Kinerja Manajemen Pemerintahan Daerah Terhadap Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Dinas Pendidikan,Pemuda,dan Olahraga Daerah istimewa Yogyakarta

Leni, Noviyanti (2016) Evaluasi Kinerja Manajemen Pemerintahan Daerah Terhadap Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Dinas Pendidikan,Pemuda,dan Olahraga Daerah istimewa Yogyakarta. [Experiment]

[img]
Preview
Text
437-IP-IV-2016-LENI NOVIYANTI-11520139_B.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja manajemen pegawai Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dalam memberikan pelayan terhadap pengguna Dana BOS di Kota Yogyakarta. Rumusan masalah yang diajukan adalah (1) Bagaimana Evaluasi Kinerja Manajemen Pegawai Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dalam memberikan pelayan terhadap pengguna Dana BOS? dan (2) Bagaimana Strategi Kinerja manajemen yang perlu direkomendasikan bagi Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta berdasarkan hasil evaluasi pelayanan yang telah dilakukan?. Jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian evaluasi, dengan model evaluasi adalah CIPP (Contex, Input, Process dan Product). Sampel penelitian adalah 30 sekolah wilayah Kota Yogyakarta yang ikut menangani pengelolaan Dana BOS dan Penerima Dana BOS. Pengumpulan data dengan angket, dokumentasi, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dngan model evaluasi adalah CIPP. Penelitian menyimpulkan (1) Evaluasi Contex, bahwa kebijakan BOS membawa manfaat meningkatkan partisipasi murni tingkat SD/MI tahun 2013 menjadi 130,91% dan SMP/MTs sebesar 98,14%. Regulasi pelaksanaan BOS lengkap dari mulai UU, PP sampai Permen; (2) Evaluasi Input, bahwa alokasi dana BOS yang ada telah sesuai dengan kebutuhan sekolah. Operasional BOS juga didukung dengan Juknis dan Tim pelaksana BOS di tingkat Pusat, Provinsi, Kab/Kota, dan sekolah, serta anggaran pelaksana yang memadai. Kendala yang dihadapi sekolah khususnya adalah terkait dengan pemahaman juknis dan pelaporan; (3) Evaluasi Process, bahwa tujuan dan sasaran BOS sesuai dengan program BOS dengan alokasi waktu yang sesuai. Implementasi dana BOS juga memiliki media komunikasi online yang memudahkan sekolah untuk berkomunikasi dengan Tim BOS Pusat; dan (4) Evaluasi Product, bahwa dana BOS terbukti mampu meningkatkan akses dan perluasan layanan pendidikan bagi masyarakat, untuk SD/MI dari 123,8% sebelum dana BOS menjadi 131,96% setelah ada BOS. Sedangkan untuk SMP/MTs dari 91,90% sebelum dana BOS menjadi 100,57 setelah ada BOS. BOS juga meningkatkan intensitas proses pembelajaran dan peningkatan kualiats dan kuantitas sarpras sekolah. Kata Kunci : evaluasi kinerja, pengelolaan dana BOS, CIPP.

Item Type: Experiment
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pendidikan Magister > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2018 07:00
Last Modified: 05 Mar 2018 07:00
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/208

Actions (login required)

View Item View Item