Search for collections on STPMD APMD Repository

PELAYANAN KESEHATAN DI RSUD TAMIANG LAYANG KABUPATEN BARITO TIMUR PROVINSI KALIMANTAN TENGAH (Sebuah studi penelitian Deskriptif – Kualitatif di RSUD Tamiang Layang, Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah)

Noor Wahid, Kuncoro (2017) PELAYANAN KESEHATAN DI RSUD TAMIANG LAYANG KABUPATEN BARITO TIMUR PROVINSI KALIMANTAN TENGAH (Sebuah studi penelitian Deskriptif – Kualitatif di RSUD Tamiang Layang, Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah). [Experiment]

[img]
Preview
Text
509-IP-IV-2017-NOOR WAHID KUNCORO-11520084_B.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

RSUD Tamiang Layang merupakan salah satu bagian sistem pelayanan kesehatan dan merupakan salah satu sarana pelayanan kesehatan yang mempunyai peran sangat penting dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat karena merupakan satu-satunya rumah sakit yang ada di Kabupaten Barito Timur. RSUD Tamiang Layang diberikan kewenangan oleh pemerintah daerah Kabupaten Barito Timur sesuai dengan UU otonomi daerah yang berlaku. Dengan kewenangan ini RSUD Tamiang Layang berhak menyelenggarakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat umum dan bertanggu jawab langsung kepada pemerintah daerah Kabupaten Barito Timur. Dalam penyelenggaraan pelyanan kesehatan RSUD Tamiang Layangdibantu oleh beberapa staf tenaga professional dan diawasi langsung oleh pemerintah daerah, dengan banyaknya unit pelayanan tidak menutup kemungkinan akan terjadinya berbagai masalah. Dalam proses pelayanannya sering kita jumpai keterlambatan pelayanan dokter dan perawat, dokter yang sulit ditemui, dan lamanya proses masuk pasien ke Rumah Sakit, selain itu ditambah dengan keterbatasan sarana, sehingga sering menimbulkan masalah dan rasa ketidakpuasan pada pasien dan keluarga yang berkunjung ke RSUD tersebut. Dengan permasalahan yang ada di RSUD Tamiang Layang maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pelayanan kesehatan di RSUD Tamiang Layang, Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah?. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif- kualitatif. Subyek dalam peneitian adalah petugas kesehatan dan pasien / masyarakat yang berkunjung di RSUD Tamiang Layang sebanyak 20 orang, yang terdiri dari Direktu RSUD, dokter, petugas managenen, petugas TU, petugas laboratorium, Apoteker, perawat RSUD dan masyarakat yang berkunjung sebagai pasien. Dalam penelitian ini terdapat lima poin yang menjadi fokus penelitian yaitu Tangibles dimana pada item ini mencakup sarana dan prasarana secara umum sudah baik hanya saja perlu penambahan lahan parkir, pagar pembatas, CCTV. Realiability dimana pada item ini kemampuan petugas yang dinilai sudah tidak ditemukan permasalahan, hanya saja diperlukan pelatihan guna meningkatkan kualitas mutu layanan. Reponsiveness dimana pada item ini respon atau kesigapan petugas sudah cukup baik. Assurance dimana pada item ini RSUD Tamiang Layang sudah melaksanakan prosedur pasien sefty dengan baik, hanya saja ditemukan tidak adanya petugas keamanan pada lahan parkir. Emphaty dimana pada item ini sudah menghargai hak dan kewajiban pasien, tidak ada tanda-tanda diskriminasi antara pasien satu dengan yang lainnya. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa RSUD Tamiang layang meningkatkan sarana, prasarana dan kesehatan lingkungan Rumah Sakit serta memelihara dan memperbaiki fasilitas yang telah ada, pihak RSUD hendaknya terus melakukan program pendidikan dan pelatihan pada seluruh karyawan RSUD guna memperbaharui ilmu kesehatan yang setiap tahun selalu berubah.

Item Type: Experiment
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2018 07:01
Last Modified: 05 Mar 2018 07:01
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/222

Actions (login required)

View Item View Item