Search for collections on STPMD APMD Repository

Kemampuan Aparat Pemerintah Desa dalam Pelayanan Publik(Studi Deskriptif Kualitatif di Desa Nglaris Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo)

Agus Susiswo, Heri Santoso (2016) Kemampuan Aparat Pemerintah Desa dalam Pelayanan Publik(Studi Deskriptif Kualitatif di Desa Nglaris Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo). [Experiment]

[img]
Preview
Text
443-IP-IV-2016-AGUS SUSISWO HERI SANTOSO-12520167_B.pdf

Download (990kB) | Preview

Abstract

Pelayanan publik menjadi hal utama yang harus dilakukan oleh para aparat pemerintah desa. Pelayanan publik dilakukan untuk membantu masyarakat ketika membutuhkan berbagai hal yang berkaitan dengan pemerintahan desa. Dalam pemberian pelayanan public, aparat pemerintah desa diharuskan untuk mampu memeberikan pelayanan dengan baik dan dengan maksimal. Pelayanan yang baik akan memberikan kepuasan pelayanan bagi masyarakat. Akan tetapi pelayanan yang diberikan oleh setiap aparat pemerintah berbeda-beda. Perbedaan kemampuan aparat pemerintah desa dikarenakan oleh berbagai faktor, salah satunya yaitu factor sumber daya manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan aparat pemerintah desa dalam memanfaatkan komputer sebagai upaya peningkatan pelayan publik di Desa Nglaris Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di Desa Nglaris Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo. Informan kunci adalah Aparat pemerintah desa yang berpartisipasi aktif dalam proses pelayanan publik, informan pendukungnya adalah tokoh masyarakat dan masyarakat yang mengetahui proses aparat pemerintah desa dalam memberikan pelayanan publik. Pengumpulan data memakai teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data memakai teknik triangulasi. Analisis data memakai metode analisis data kualitatif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan yang diberikan oleh aparat pemerintah Desa Nglaris bahwa pelayanan publik dilakukan dengan transparan atau jelas. Masyarakat yang akan memerlukan pelayanan publik, dilayani dengan baik, diutamakan dan diberikan sesuai dengan alur yang jelas. Selain itu, transparansi juga meliputi 1) keterbukaan dalam pembuatan pelayanan, 2) memberikan segala kemungkinan-kemungkinan yang ada dan 3) membantu masyarakat untuk mendapatkan pelayanan dari perangkat desa secara cepat, mudah dan murah Tangiable dalam pelayanan terlihat ketika Pemerintah Desa Nglaris melaksanakan upaya peningkatan kecermatan dari kinerja perangkat desa. Perangkat Desa bertugas untuk memberikan pengarahan untuk mengecek berkas-berkas pemohon. Kemampuan dan kecermatan petugas dalam memeriksa persyaratan yang dibawa oleh pemohon untuk diajukan sangat penting, karena apabila syarat permohonan sudah lengkap, maka pemohon dapat langsung dilayani. Dan Aspek Responsiveness terlihat ketika Kinerja perangkat desa dalam aspek kepentingan pelayanan menjadi aspekxvi utama dan terpenting dalam memberikan pelayanan adalah aspek kepentingan masyarakat. Oleh karena itu, aparat pemerintah Desa Nglaris selalu mengutamakan kepentingan masyrakat diatas kepentingan pribadi. Saran yang dapat penulis rekomendasikan dalam penelitian ini adalah 1). Diharapkan masyarakat mampu memberikan respon yang baik dan juga turut serta melakukan pengawasan terkait kinerja aparat pemerintah agar tercapai kinerja yang lebih baik, lebih baik dan lebih baik. 2) Diharapakan bagi aparat pemerintah Desa Nglaris agar mampu meningkatkan skill atau kemampuan dalam menggunakan computer sehingga aparat pemerintah dapat maksimal dalam memberikan pelayanan dan semua aparat mampu memberikan pelayanan dengan media komputer sehingga pekerjaan dapat dibagi dengan rata sehingga beban pekerjaan dapat lebih ringan dan lebih cepat terselesaikan. Peningkatan kemampuan melalui peningkatan Sumber Daya Manusia melalui kegiatan pelatihan komputer dan juga bimbingan teknis tentang administrasi desa. Kata Kunci : Kemampuan, Aparat Pemerintah Desa, Pelayanan Publik.

Item Type: Experiment
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2018 07:01
Last Modified: 05 Mar 2018 07:01
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/228

Actions (login required)

View Item View Item