ULFIANTO ENDRO, SAPUTRO (2017) UPAYA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PACITAN DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN KEPADA MASYARKAT. [Experiment]
|
Text
525-IP-IV-2017-ULFIANTO ENDRO SAPUTRO-13520076_B.pdf Download (380kB) | Preview |
Abstract
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil adalah dinas yang bertanggung jawab terhadap data kependudukan, mulai dari KTP-EL, Akta, Kartu Keluarga sampai mutasi penduduk. Dalam menjalankan tanggung jawab tersebut dinas memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat dalam mengurus data – data kependudukan agar dapat tersedianya data kependudukan yang akurat. Pelayanan yang diberikan DISDUKCAPIL tersebut sangat berpengaruh kepada motifasi masyarakat dalam mengurus data kependudukan yang dibutuhkan. Motifasi masyarakat yang didasarkan atas pelayanan yang diberikan harus dijadikan motifasi oleh dinas untuk memberikan pelayanan yang prima dan memuaskan kepada masyarakat. Dengan demikian upaya dinas untuk meningkatkan pelayanan adalah sesuatu yang menarik untuk dibahas dan diteliti. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana upaya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pacitan dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat?” Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pacitan. Untuk menentukan siapa saja informan dalam penelitian ini digunakan teknik purposive informan terdiri dari pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan masyarakat pengguna pelayanan yang datang langsung ke kantor DISDUKCAPIL. Kemudian selain dengan informan data diperoleh juga dari observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, kemudian penyajian data dan yang terakhir adalah pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan dinas memiliki beberapa upaya untuk meningkatkan pelayanan. Dari segi pengelolaan Sumber Daya Manusia, dinas meningkatkan kemampuan individu dengan mengirimnya ke pelatihan – pelatihan ketrampilan yang diadakan di tingkat kabupaten sampai tingkat pusat, kemudian untuk menutupi kekuranagn pegawai dinas mengadakan kontrak kerja dengan masyarakat yang memiliki kemampuan dan pendidikan yang baik. Dari segi sosialisasi agar masyakat tahu mengenai informasi kependudukan atau syarat – syarat yang harus dipenuhi saat pelayanan, dinas menggunakan beberapa cara yaitu sosialisasi kepada Kepala Desa, kemudian menggunakan leaflet, baliho, radio dan TV untuk menyampaikan informasi tersebut kepada masyarakat. Dari segi sarana dan prasarana, penggunaan peralatan dengan semaksimal mungkin adalah salah satu hal yang bisa dilakukan oleh dinas, hal ini arena anggaran yang dimiliki dinas sangat terbatas untuk membeli peralatan baru, sehingga untuk membeli peralatan baru harus melalui perencanaan yang matang agar tidak mengorbankan kepentingan yang lain. Dari segi kemudahan akses pelayanan, dinas memiliki 3 cara untuk mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan, yaitu dengan pelayanan registrasi sepeda motor (PPA PREDATOR), sidang langsung akta kelahiran di desa (SILADES) dan rekam data KTP-EL ke desa – desa di seluruh wilayah Kabupaten Pacitan.
Item Type: | Experiment |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare J Political Science > JS Local government Municipal government |
Divisions: | Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 05 Mar 2018 07:02 |
Last Modified: | 05 Mar 2018 07:02 |
URI: | http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/250 |
Actions (login required)
View Item |