Search for collections on STPMD APMD Repository

Kualitas Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Bagi Masyarakat di Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta

Darius, Astara (2016) Kualitas Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Bagi Masyarakat di Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. [Experiment]

[img]
Preview
Text
469-IP-VIII-2016-DARIUS ASTRA-11520201_B.pdf

Download (996kB) | Preview

Abstract

Pemerintah saat ini sedang giat-giatnya memperbaiki sistem administrasi kependudukan. Caranya, merancang system identitas tunggal dalam bentuk KTP elektronik (e-KTP). Berbeda dengan KTP yang berlaku sebelumnya, di dalam KTP elektronik terdapat sebuah chip yang memuat data biometrik atau sidik jari setiap pemiliknya. KTP elektronik tersebut nanti dapat mempermudah proses-proses pendataan kependudukan yang dilakukan untuk menunjang program-program pemerintah seperti pilkada atau pemilu. Untuk mengetahui kualitas pelayanan publik yang ada di Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul, aparatur Kecamatan selayaknya memberikan pelayanan yang sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan berdasarkan peraturan pemerintah sebagai acuan utama dalam menjalankan sistem pemerintahan. Berdasarkan masalah tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kualitas pelayanan kartu tanda penduduk (e-KTP) bagi masyarakat di Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul ?.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian di Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul. Jumlah informan adalah 25 orang yang terdiri dari pegawai pemerintah Kecamatan Tanjungsari berjumlah 5 orang, dan 4 orang dalam setiap desa di Kecamatan Tanjungsari. Teknik analisis data menggunakan proses identifikasi, klasifikasi, reduksi, komparasi dan interpretasi data. Hasil penelitian adalah aparatur pemerintah kecamatan Tanjungsari telah melaksanakan kualitas pelayanan yang efektif dan efisien terhadap masyarakat, yang berlandaskan pada kepentingan masyarakat. Aparatur pemerintah kecamatan dalam memberikan pelayanan telah sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai landasannya perundang-undangan. Aparatur kecamatan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dalam memberikan pelayanan telah terpenuhi dengan baik, karena aparatur kecamatan memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kegiatan pelayanan yang diberikan oleh aparatur pemerintah kecamatan Tanjungsari sesuai dengan peraturan yang telah di tetapkan oleh pemerintah daerah. Pelayanan dapat diberikan tepat waktu sesuai dengan jenis pelayanan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Kesimpulan dari hasil penelitian ini antara lain: 1. Prosedur pelayanan dijalankan dengan baik, kelengkapan dokumen dijadikan arsip Kecamatan Tanjungsari. 2. Masyarakat dapat mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan oleh Kecamatan Tanjungsari yang mengacu pada peraturan daerah. 3. Aparatur pemerintah kecamatan peduli dengan masyarakat desa, sehingga jika ada salah satu desa dari lima desa membutuhkan pendampingan dalam membuat identitas masyarakat (e-KTP) maka aparatur pemerintah Kecamatan dapat membantu dan mengarahkan dengan baik sehingga kebutuhan masyarakat dapat memenuhi kebutuhannya. 4.Kegiatan pelayanan e-KTP pemerintah kecamatan selalu memperingatkan masyarakat agar di lengkapi dokumen yang telah menjadi syarat. 5. Pelayanan yang diinginkan oleh masyarakat selalu di dahulukan terutama pak Camat menanyakan masyarakat sudah mempunyai e-KTP apa belum dan sudah wajib KTP apa belum. Kata kunci : Kualitas pelayanan e-KTP

Item Type: Experiment
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2018 07:03
Last Modified: 05 Mar 2018 07:03
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/266

Actions (login required)

View Item View Item