Anthonius, Bili Bryan Selitubun (2017) Politycal Marketing Pada Pemilihan Kepala Desa Girikarto Tahun 2015 (Suatu Penelitian Deskriptif Kualitatif Tentang Strategi Calon Tuyadi Dalam Pemenangan di Desa Girikarto Kecamatan Panggung, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta). [Experiment]
|
Text
539-IP-IV-2017-SKRIPSI ANTHONIUS BILL BRYAN SELITUBUN-11520052_B.pdf Download (672kB) | Preview |
Abstract
Sebagaimana diketahui bahwa dalam praktik political marketing yang paling penting dilakukan oleh spin doktor kandidat atau calon adalah mengelola kualitas kandidat yang hal ini dimulai dari membuat daftar unsur-unsur dari dimensi kualitas yang sudah dimiliki oleh kandidat atau toko/elit. Penelitian ini mencoba menggambarkan dinamika proses politik tingkat desa, yakni Pilkades Girikarto tahun 2015 dalam hal ini partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pilkades di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul. Strategi political marketing ini merupakan gagasan reformasi politik yang mampu melahirkan nuansa baru dalam perpolitikan baik skala lokal maupun nasional. Konsep tersebut sangat relefan apa lagi jika mayoritas pemilih di Desa tingkat pendidikanya masih rendah maka pemilih akan cendrung lebih mudah untuk menerima setiap isu yang dibangun pendukung kontestan. Politikal marketing dalam konteks pilkades sebagai cara baru untuk melakukan pemilu yang jujur dan adil dan untuk membangun politik yang baik ditengah-tengah masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yakni Bagaimana Strategi political Marketing di Gunakan oleh Tuyadi untuk Meraih Kemenangan pada pilkades Girikarto tahun 2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun unit analisis yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah Desa Girikarto dengan obyek penelitian, yakni political marketing. Teknik penentuan narasumber adalah teknik purposive. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yakni observasi, wawancara. Dan tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunaakan tekhnik analisis trianggulasi. Adapun hasil penelitian ini adalah strategi political marketing yang digunakan oleh Tuyadi dalam meraih simpati masyarakat pada Pilkades Girikarto tahun 2015 dengan memainkan beberapa pendekatan strategi, seperti positioning politik dimana Tuyadi mampu menempatkan posisinya secara cerdas ketika Tuyadi mendapatkan amanah mengelola proyek kemudian beliau menunjukan kontribusinya sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam mengelola proyek. Kejujuran dan transparansi yang ditunjukan Tuyadi selama mengelola proyek menjadi momentum awal yang mengantarkanya menjadi sosok yang dikagumi banyak warga di Desa Girikarto tahun 2015. Saran yang menjadi rekomendasi dalam penelitian ini adalah : Hendaknya Para Elit dalam proses Pilkades semaksimal mungkin menjalankan fungsi dan peranya dalam event tersebut sebagai pasilitator bijak yang dapat memberikan pencerahan politik kepada masyarakat pada saat tahapan kampanye berlangsung. Dengan cara melaksanakan pelatihan atau praktisnya para elit politik mengagendakan diskusi-diskusi yang berkaitan dengan politik melibatkan masyarakat. Jadi melalui pelatihan politik masyarakat akan mendapatkan pembahasan materi tentang politik yang diprakarsai langsung oleh elit yang ada, pelatihan advokasi sebagai ajang untuk mempertajam pemahaman politik masyarakat.
Item Type: | Experiment |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) J Political Science > JS Local government Municipal government |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 05 Mar 2018 07:09 |
Last Modified: | 05 Mar 2018 07:09 |
URI: | http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/274 |
Actions (login required)
View Item |