Search for collections on STPMD APMD Repository

PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMANFAATAN UNIT PELAYANAN INFORMASI DAN KELUHAN UNTUK MEWUJUDKAN GOOD GOVERNACE (Penelitian Deskriptif Kualitatif Tentang Partisipasi Masyarakat Dalam Pemanfaatan UPIK Di Kota Yogayakarta, Daerah Istimewah Yogyakarta)

Richard, Kadmaerubun (2017) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMANFAATAN UNIT PELAYANAN INFORMASI DAN KELUHAN UNTUK MEWUJUDKAN GOOD GOVERNACE (Penelitian Deskriptif Kualitatif Tentang Partisipasi Masyarakat Dalam Pemanfaatan UPIK Di Kota Yogayakarta, Daerah Istimewah Yogyakarta). [Experiment]

[img]
Preview
Text
540-IP-IV-2017-RICHARD KADMAERUBUN-11520010_B.pdf

Download (839kB) | Preview

Abstract

Era baru yang ditandai terjadinya perombakan sistem pemerintahan yang menuntut proses demokrasi yang bersih (Good Governance) merupakan salah satu alat Reformasi yang mutlak diterapkan dalam pemerintahan baru. Dalam pelaksanaanya reformasi yang membuahkan Good Governance di Indonesia belum dapat dikatakan berhasil sepenuhnya sesuai dengan cita-cita Reformasi. Meskipun demikian bukan berarti konsep baru tersebut dikatakan gagal untuk diterapkan, banyak upaya yang dilakukan pemerintah dalam menciptaka iklim Good Governance yang baik, diantaranya ialah diupayakannya transparansi informasi terhadap publik mengenai semua urusan termasuk pelayanan yang saat ini dikenal Unit Pelayanan Informasi dan Keluhan (UPIK) Kota Yogyakarta. Dimana setiap sms yang masuk ke Admin UPIK, maka admin akan melanjutkan sms tersebut di lanjutkan ke SKPD yang dituju, dan maksud dalam sms tersebut langsung ditindak lanjuti tanpa harus mengimformasikan ke warga yang sms tersebut. Penelitian ini mencoba menggambarkan pengelolaan sebuah layanan informasi yang berbasis IT yang melibatkan partisipasi masyarakat di Kota Yogyakarta yang dikenal dengan Unit Pelayanan Informasi dan Keluhan (UPIK). Sebuah desain layanan yang dibentuk untuk memperbaiki kinerja pemerintahan yang baik (Good Governance) di Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dengan Objek Unit UPIK Kota Yogyakarta, dengan subjek Petugas UPIK/Admin UPIK 5 orang, warga Kota Yogyakarta 3 orang. Adapun unit analisis yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah pemanfaatan Unit Pelayanan Informasi dan Keluhan pada dinas UPIK di Kantor Walikota Yogyakarta dengan aparat penanggung jawabnya. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini, yakni data primer dan data sekunder. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yakni observasi, wawancara. Tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunaakan tekhnik analisis trianggulasi. Adapun kesimpulan yang dihasilkan dalam penelitian adalah bahwa partisipasi masyarakat dalam pemanfaatan Unit Pelayanan Informasi dan Keluhan (UPIK) untuk mewujudkan Good Governance di Kota Yogyakarta sudah berjalan sesuai dengan tujuan awal dibentuknya program ini, yaitu pelibatan masyarakat dalam perumusan atau pengawasan kebijakan pemerintah melalui penyediaan layanan informasi kepada masyarakat untuk memberikan masukan, kritik, pertanyaan terhadap pemerintah atas program yang sudah dijalankan Pemerinntah Kota Yogyakarta telah melibatkan masyarakat melalui UPIK. Hal ini dapat dilihat dari indicator berikut : Pertama, tingginya respon atau partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan layanan UPIK dengan memberikan pertanyaan atau masukan baik melalui sms maupun telpon ke pengelola UPIK. Kedua, Respon yang cepat dari admin UPIK saat adanya sms dari masyarakat yang dilanjutkan sesuai arahan sms tersebut. Ketiga, tingginya sikap kehati-hatian para aparat Pemkot dalam menjalankan peranya sebagai pelayan masyarakat setelah adanya UPIK. Saran sekaligus rekomendasi dalam penelitian ini adalah : (1) Pemerintah Kota Yogyakarta sebagai Penginisiasi lahirnya UPIK semaksimal mungkin memantau pengelolaan UPIK secara dinamis baik dalam hal evaluasi maupun pelestarianya, (2) Pemeritah Kota Yogyakarta secara Rutin memperhatikan setiap masukan dari masyarakat untuk memastikan tingkat maksimalnya pelayanan secara prima setelah adanya UPIK, (3) Pemerintah Kota Yogyakarta dalam proses pelaksanaan UPIK menjalin kerja sama dengan Institusi atau stake holders demi masifnya pelaksanaan UPIK.

Item Type: Experiment
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Program Pendidikan Magister > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2018 07:10
Last Modified: 05 Mar 2018 07:10
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/275

Actions (login required)

View Item View Item