Ahmad Februar, A.P (2016) Efektivitas Layanan Rakyat Untuk Sertifikasi Tanah (Larasita)Terhadap Peningkatan Pelayanan Pertanahan di Kabupaten Karanganyar(Studi Penelitian Deskriptif Kualitatif di Kantor Pertanahan Kabupaten karanganyar Provinsi Jawa Tengah). [Experiment]
|
Text
474-IP-X-2016-AKHMAD FEBRUARA.P-10522377_B.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi anggapan dari masyarakat bahwa mengurus sertifikat tanah itu sulit,lama,berbelit-belit dan biayanya mahal. Belum lagi hal tersebut diperparah dengan munculnya calo-calo yang berusaha mencari keuntungan dengan kondisi seperti ini. Oleh karena itu pemerintah meluncurkan program inovatif Imobile service yang berbasis teknologi modern yaitu Layanan Rakyat untuk sertifikasi tanah atau yang dikenal dengan LARASITA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas Layanan Rakyat Untuk Sertifikasi Tanah (LARASITA) terhadap peningkatan pelayanan pertanahan di Kabupaten Karanganyar,serta faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung terhadap program LARASITA di kabupaten Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif.Adapun informan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang yaki: Kepala Seksi Pengendalian dan Pemberdayaan Masyarakat(1 orang),Kepala Sub Seksi Pemberdayaan Masyarakat (1 orang),Kepala Sub Seksi Pengaturan Tanah Pemerintah (1 orang),Kepala Sub Seksi Peralihan dan Pembenahan hak dan PPAT (1 orang),Petugas LARASITA (2 orang),serta masyarakat pengguna LARASITA (4 orang). Sumber data yang digunakan adalah data primer,yaitu wawancara dan observasi langsung di lapangan dan data sekunder yang bersumber dari buku-buku,dokumen/catatan/laporan dan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling dimana sample yang diambil berdasarkan pertimbangan tertentu. Analisis data menggunakan analisa model interaktif,dengan tiga alur kegiatan meliputi reduksi data,penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan pelaksanaan Layanan Rakyat Untuk Sertifikasi Tanah(LARASITA) di Kabupaten karanganyar dikatakan masih kurang efektif. Hal ini dikarenakan indikator efektivitas berupa internet/server terkadang masih tidak bisa konek jika berada di daerah pegunungan/daerah pelosok. Sehingga mengakibatkan proses pelayanan menjadi terganggu. Namun indikator lain seperti: Efisiensi pelayanan,Prosedur pelayanan,koordinasi antara pimpinan dan bawahan,serta responsivitas pegawai dapat dikatakan sudah efektif.
Item Type: | Experiment |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor |
Divisions: | Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Users 11 not found. |
Date Deposited: | 05 Mar 2018 07:11 |
Last Modified: | 05 Mar 2018 07:11 |
URI: | http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/277 |
Actions (login required)
View Item |