Fransiscus, Ivan (2016) Pelayanan Kesehatan Puskesmas di Kecamatan Parindu (Studi Penelitian Deskriptif Kualitatif di Kecamatan Parindu,Kabupaten Sanggau,Provinsi Kalimantan Barat). [Experiment]
|
Text
478-X-IP-2016-FRANSISCUS IVAN-12520020_B.pdf Download (22MB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini berjudul “Pelayanan Kesehatan Puskesmas di Kecamatan Parindu”. Puskesmas sebagai unit pelaksana teknis kesehatan Dinas Kesehatan kabupaten/kota sudah seharusnya memberikan pelayanan yang preventif,promotif, kuratif, dan rehabilitatif baik melalui Usaha Kesehatan Perorangan (UKP) maupun Usaha Kesehatan Masyarakat (UKM). Keberadaan Puskesmas sangat bermanfaat bagi keluarga tidak mampu. Dengan adanya Puskesmas setidaknya dapat menjawab kebutuhan yang mudah dijangkau. Dalam setiap pelayanan tidak dapat dipungkiri adanya keluhan ataupun kritikan dari Pengunjung Puskesmas. Baik dari pelayanannya, sikap petugas kepada pasien, ruang tunggu, kemampuan petugas dalam memberikan pelayanan dan hal lain yang tentunya harus dapat segera diatasi dan diperbaiki oleh Puskesmas. Masih kuatnya adat istiadat, di kalangan masyarakat Kalimantan Barat, khususnya masyarakat kabupaten Sanggau, kecamatan Parindu mempengaruhi masyarakat dalam memilih pelayanan kesehatan. Masyarakat lebih memilih pengobatan secara tradisional dibandingkan pelayanan medis yang diberikan oleh Puskesmas. Oleh sebab itu peneliti tertarik melakukan penelitian di Puskesmas kecamatan Parindu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelayanan kesehatan Puskesmas di kecamatan Parindu. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini yaitu petugas Puskesmas dan Masyarakat sebagai penerima jasa pelayanan. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi (pengamatan), interview (wawancara), dan dokumentasi sebagai pendukung data dalam penelitian. Tahap analisis data yang dilakukan adalah dengan cara pengumpulan data, reduksi data, klasfikasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dapat digambarkan dari penelitian ini adalah pelayanan yang diberikan oleh petugas Puskesmas kepada pengunjung sudah lumayan baik dilihat dari lima dimensi pelayanan yaitu tangible, reliable, responsive, assurance, dan empaty. Dari kelima dimensi di atas penilaian dari masyarakat semuanya baik,namun untuk poin tangible dan responsive dirasakan kurang maksimal. Karena ruang Puskesmas yang kecil hanya cukup untuk menampung sedikit pasien, dan dokter yang hanya ada satu membuat pelayanan tidak bisa maksimal dikarenakan antri yang sangat panjang. Kata kunci : Pelayanan, Puskesmas
Item Type: | Experiment |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HM Sociology H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
Divisions: | Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Users 11 not found. |
Date Deposited: | 05 Mar 2018 07:14 |
Last Modified: | 05 Mar 2018 07:14 |
URI: | http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/286 |
Actions (login required)
View Item |