Search for collections on STPMD APMD Repository

Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Maripi Distrik Manokawari Selatan Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat

Rahabiam, Mandacan (2016) Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Maripi Distrik Manokawari Selatan Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat. [Experiment]

[img]
Preview
Text
480-IP-X-2016-RAHABIAM MANDACAN-11520080_B.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Puskesmas merupakan salah satu sarana pelayanan kesehatan secara langsung dapat dirasakan masyarakat, khususnya dalam pelayanan kesehatan perorangan. Permasalahan penting dalam pembangunan kesehatan nasional adalah terbatasnya aksesibilitas terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas, masyarakat yang berdomisili di daerah terpencil,perbatasan serta kepulauan. Hal ini disebabkan oleh karena kendala jarak, biaya dan kondisi fasilitas menuju pelayanan kesehatan, seperti Puskesmas dan jaringannya, yang belum sepenuhnya dapat dijangkau oleh masyarakat. Rumusan masalahnya adalah Bagaimana pelayanan kesehatan di Puskesmas Maripi Distrik Manokwari Selatan Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat ?.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian di Puskesmas Maripi Distrik Manokwari Selatan. Jumlah informan 15 orang yang terdiri dari kepala Puskesmas, Sekretaris Puskesmas, Petugas pemberi layanan di Puskesmas, masyarakat dan pegawai lainnya. Teknik analisis data menggunakan proses identifikasi, klasifikasi, reduksi, komparasi dan interpretasi data. Dari hasil penelitian tentang pelayanan kesehatan di Puskesmas Maripi Distrik Manokwari Selatan dapat dilihat antara lain (1) Fasilitas pelayanan yang ada di Puskesmas Maripi dalam memberikan pelayanan kesehatan terhadap pasien seperti gedung, ruang tunggu, ruang obat, ruang pemeriksaan dan petugas kesehatan sudah baik dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.(2) Pelayanan kesehatan terhadap masyarakat atau pasien petugas puskesmas sudah melakukan dengan standarisasi pelayanan kesehatan yaitu Standar Operasional Pelayanan terhadap pasien sudah berjalan dengan baik, namun di sisi lain perlu pembenahan dalam pencatatan data pasien secara administrasi.(3) Dalam memberikan pelayanan kesehatan petugas kesehatan selalu bertugas untuk menolong pasien dan menyelenggarakan pelayanan secara ikhlas karena disamping sebagai tugas dari pemberi layanan kesehatan juga memberikan harapan baru atau semangat bagi pasien agar cepat sembuh penyakitnya sehingga tugas dari petugas puskesmas bias ganda yaitu sebagai motivator bagi pasien juga sebagai pemberi layanan kesehatan. (4) Pengetahuan para petugas dan kemampuan petugas dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien sudah sesuai dengan kompetensi pendidikan petugas pemberi layanan kesehatan, karena petugas kesehatan tidak secara langsung menjadi petugas kesehatan namun terlebih dahulu menempuh pendidikan kesehatan sehingga dalam memberikan pelayanan terhadap pasien sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pasien. (5) Perlakuan atau perhatian petugas kesehatan di Puskesmas Maripi yang diberikan kepada pasien merupakan tugas yang harus dijalankan karena sebagai petugas harus menjalankan tugasnya sebagai pemberi layanan kesehatan, tugas yang dialankan oleh petugas pelayanan kesehatan sudah berjalan dengan baik sesuai dengan harapan masyarakat. Kata kunci : pelayanan, publik, kesehatan

Item Type: Experiment
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2018 07:37
Last Modified: 05 Mar 2018 07:37
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/290

Actions (login required)

View Item View Item