Search for collections on STPMD APMD Repository

KINERJA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI KERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL (Suatu Penelitian Deskriptif Kualitatif di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur)

Hardian Umbu Mehanguru, Mehanguru (2017) KINERJA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI KERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL (Suatu Penelitian Deskriptif Kualitatif di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur). [Experiment]

[img]
Preview
Text
556-IP-X-2017-HARDIAN UMBU MEHANGURU-12520135_B.pdf

Download (821kB) | Preview

Abstract

SINOPSIS Dalam penulisan skripsi ini membahas mengenai Kinerja Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sumba Timur dalam meningkatan Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil di wilayah badan itu sendiri. Hal ini dilatarbelakangi ketentuan dalam UU RI No. 43/99 tentang Pokok Kepegawaian yang mana untuk mencapai tujuan nasional diperlukan Aparatur Negara sebagai penyelenggara untuk memperlancar pelayanan kepada masyarakat. Untuk itu sangat diharapkan adanya Pegawai Negeri Sipil yang berkualitas dserta prestasi kerja yang baik. Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dengan demikian fenomena- fenomena yang ditemui saat penelitian dideskripsikan secara kualitatif, untuk memperoleh data yang relevan dengan permasalahan yang diteliti maka dalam penelitian ini Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder yang diperoleh melalui wawancara, obervasi, dan telaah dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kinerja Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sumba Timur dilihat dari lima aspek yaitu produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas dan akuntabilitas. Dilihat dari aspek produktivitas, menunjukkan bahwa BKD tidak memiliki kewenangan untuk menetapkan sebuh kebijakan yang baru namun hanya berupa kebijakan teknis dalam pelekasanaan suatu program, aspek produktivitas dapat dikatakan baik karena telah menyelenggarakan berbagai program pengembangan SDM PNS yang ditujukan untuk meningkatkan kinerja dari para PNS. Aspek kualitas layanan menunjukkan bahwa pelayanan yang diberikan BKD belum efektif hal ini dapat dilihat dari kesulitan PNS untuk mengakses informasi dari pihak BKD terkait dengan pelaksanaan suatu program, hal lainnya yakni masih terdapat beberapa pegawai BKD yang memeiliki pengetahuan rendah sehingga berdampak pada menurunnya pelayanan bagi PNS. Aspek responsivitas dalam memenuhi kebutuhan pegawai pengguna layanannya adalah baik dengan merespon keluhan pegawai dengan cepat serta menanggapi secara positif kritik maupun saran yang masuk dari pihak luar dan menjadi bahan evaluasi dalam pelaksanaan program kedepannya. Aspek responsibilitas sudah berjalan sesuai dengan ketentuan-ketentuan administrasi yang benar serta telah memiliki SOP sebagai pedoman dalam melaksanakan berbagai program. Sedangkan aspek akuntabilitas belum efektif, hal ini dikarenakan masih terdapat berbagai kesalahan dalam pelaksanaan suatu program seperti mutasi pegawai yang cenderung asal-asalan serta persiapan yang belum matang dalam pelaksanaan suatu kegiatan hal ini dapat dilihat dari sarana prasarana penunjang yang belum dipenuhi oleh BKD, sehingga berdampak pada pelauyanan yang tidak maksimal.

Item Type: Experiment
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JF Political institutions (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2018 07:41
Last Modified: 05 Mar 2018 07:41
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/320

Actions (login required)

View Item View Item