Search for collections on STPMD APMD Repository

UPAYA PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) MELALUI PAJAK REKLAME

MUHAMAD ADUM PAMUNGKAS, Pamungkas (2017) UPAYA PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) MELALUI PAJAK REKLAME. [Experiment]

[img]
Preview
Text
567-IP-X-2017-MUHAMMAD ADUM PAMUNGKAS-13520004_B.pdf

Download (613kB) | Preview

Abstract

SINOPSIS Upaya Pemerintah Kota Yogyakarta Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Melalui Pajak Reklame, menegaskan bahwa penataan dan pengelolaan keuangan, haruslah professional, efektif serta efesien, transparansi dan bertanggung jawab. Melalui upaya yang dilakukan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) ingin semakin meningkatnya pendapatan asli daerah yang signifikan dan upaya pembiayaan bagi kegiatan pelayanan masyarakat dan pembangunan di daerah. Maka dari itu peneliti ingin mengetahui upaya BPKAD dalam meningkatkan pendapatan asli daerah melalui pajak reklame dengan beberapa hal yang dilakukan BPKAD dalam menertibkan reklame seperti adanya reklame liar, reklame yang tidak berizin dan atau reklame yang izinnya sudah habis namun masi tetap berdiri dan memasang iklan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif yakni peneliti mencoba menggambarkan data sesuai fakta di lapangan, dan dilakukan sedekat mungkin sesuai dengan bentuk aslinya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik Snow Ball sehingga jumlah peneliti ditentukan ketika melakukan penelitian. Informan dalam penelitian ini yaitu, Kasubid Pembukuan dan Perkantoran, Staf Pelayanan Pajak Daerah, Sekretariat BPKAD, Staf Bidang Akuntansi BPKAD, Kasubid Pendaftaran dan Penataan Pendapatan Daerah, Biro Periklanan Reklame, dan Masyarakat Pengguna Reklame. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian tentang Upaya Pemerintah Kota Yogyakarta Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Melalui Pajak Reklame serta tingkat efektivitas dalam pengelolaan pajak reklame di Kota Yogyakarta yakni dengan melakukan upaya pendataan dilapangan, ada tim pendataan berjalan serta di kantor, melakukan peningkatan tarif pajak reklame, pembedaan tarif reklame rokok dan non rokok, pentaan reklame di ruas-ruas jalan yang potensial, dan dengan berkoordinasi dengan instansi terkait. Dan dapat disimpulkan bahwa Pemerintah Kota dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah sepenuhnya sudah baik, namun masih terdapat masalah pada bagian pendataan karena masih banyak reklame liar atau tidak berizin berdiri. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu kurangnya pengawasan terhadap reklame liar. Kedua, kurangnya kesadaran Masyarakat/badan usaha pengguna reklame tentang pentingnya membayar pajak. Sebab Masyarakat/badan usaha yang cenderung malas mengurus dan cenderung tidak mau ikut berpartisipasi dalam meningkatkan pendapatan asli daerah guna membangun daerah. Ketiga, meningkatkan pendapatan asli daerah BPKAD sudah melakukan tugasnya dengan baik dalam memberikan usahanya dalam meningkatkan pendapatan daerah melalui pajak reklame. Namun realisasi pajak reklame masih saja mengalami penurunan dan penaikan di setiap tahunnya ini.

Item Type: Experiment
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HM Sociology
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Unit Pelaksana Teknis > Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2018 07:17
Last Modified: 05 Apr 2018 07:17
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/327

Actions (login required)

View Item View Item