Search for collections on STPMD APMD Repository

PELAYANAN DALAM PEMADAMAN KEBAKARAN (Studi di Dinas Kebakaran Kota Yogyakarta)

Rian Subianto, Subianto (2017) PELAYANAN DALAM PEMADAMAN KEBAKARAN (Studi di Dinas Kebakaran Kota Yogyakarta). [Experiment]

[img]
Preview
Text
572-IP-X-2017-RIAN SUBIANTO-13520160_B.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kebakaran merupakan hal yang menakutkan yang dapat menghanguskan kebutuhan dasar masyarakat yaitu pangan, sandang, dan papan. Sumber daya disekitar masyarakat selalu ada ancaman dari kebakaran yang dapat mengganggu ketahanan ekonomi, kesehatan masyarakat dan kerusakan lingkungan. Adanya perkembangan dan kemajuan pembangunan yang semakin pesat, resiko terjadinya kebakaran semakin meningkat serta fluktuasi yang ditunjukkan oleh grafik kebakaran di kota Yogyakarta. Oleh karena itu penulis melakukan sebuah penelitian tentang Pelayanan dalam Pemadaman Kebakaran di Dinas Kebakaran Kota Yogyakarta. Rumusan masalah yang penulis angkat yaitu Bagaimanakah Pelayanan dalam Pemadaman Kebakaran di Dinas Kebakaran Kota Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan yaitu menganalisis dan mendeskripsikan Pelayanan dalam Pemadaman Kebakaran di Dinas Kebakaran Kota Yogyakarta menggunakan teori pelayanan yang berfokus pada aspek-aspek pelayanan. Metode penelitian dalam penulisan ini menggunakan Jenis penelitian deskriptif kualitatif yaitu memberikan gambaran dan penjelasan yang tepat secara objektif terkait dengan keadaan sebenarnya dari obyek yang diteliti. Jenis data yang digunakan yaitu terdiri dari data primer dari data wawancara dan observasi langsung di lapangan dan data sekunder yang terdiri dari buku, dokumen dan peraturan perundang-undangan yang terkait dengan masalah yang diteliti. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik Purposive yang menunjuk informan berjumlah 11 orang. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis menggambarkan bahwa pelayanan dalam pemadaman kebakaran di Dinas Kebakaran Kota Yogyakarta yang ditinjau berdasarkan aspek pelayanan sudah bagus dan memenuhi aspekaspek pelayanan hal ini dibuktikan dengan hasil observasi lapangan dan wawancara dengan pegawai di Dinas Kebakaran dan juga masyarakat pengguna layanan. Kata Kunci: Pelayanan, pemadaman kebakaran, Dinas Kebakaran

Item Type: Experiment
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2018 07:17
Last Modified: 05 Apr 2018 07:17
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/332

Actions (login required)

View Item View Item