Search for collections on STPMD APMD Repository

PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL DI KABUPATEN BIMA NUSA TENGGARA BARAT

FATWAH, FATWAH (2024) PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL DI KABUPATEN BIMA NUSA TENGGARA BARAT. Sarjana thesis, Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa "APMD".

[img]
Preview
Text
FATWAH_20520106.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

INTISARI Pelayanan publik yang belum optimal yang dilakukan oleh pemerintah daerah antara lain yaitu pelayanan yang mahal, kaku dan berbelit-belit, sikap dan tindakan aparat yang kurang ramah dan arogan, pelayanan yang suka menuntut imbalan, lambat dan fasilitas pelayanan yang kurang memadai. Keluhan lain juga terjadi pada pelayanan perizinan yang dicitrakan sebagai pelayanan yang sulit diakses, memiliki prosedur yang sangat rumit serta tidak adanya kepastian waktu dan keterbukaan biaya pelayanan yang dibutuhkan. Pelayanan publlik yang optimal dapat mewujudkan pemerintahan daerah yang profesional, efisien dan efektif, terbuka dan bertanggungjawab. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Objek penelitian ini Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di Kabupaten Bima-NTB. Adapun subjek penelitian disini terdiri dari pegawai di dinas dukcapil daerah Kabupaten Bima dan juga masyarakat.Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tekhnik analisis data menggunakan Reduksi data, Penyajian data, Verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan pelayanan publik yang baik menjamin transparansi, partisipasi publik, efisien administrasi, serta menjaga agar keputusan yang diambil sesuai dengan hukum dan kepentingan masyarakat di kabupaten Bima. Praktik pelayanan publik pada pemerintah daerah kabupaten Bima sudah menjalankan praktik pelayanan publik yang professional yang mana pada proses pelayanan kepada masyarakat sudah sesuai yang mana para pegawainya tidak memungut biaya kepada masyarakat dan dalam pelayanan tersebut juga pemerintah melayani dengan tepat dan cepat kepada masyarakatnya. Kata Kunci: Pelayanan Publik.

Item Type: Skripsi dan Thesis (Sarjana)
Additional Information: NIM20520106
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Mr Rendi Yogi
Date Deposited: 01 Aug 2025 04:02
Last Modified: 01 Aug 2025 04:02
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/3360

Actions (login required)

View Item View Item