Imbeyoper, Silas Cllaudio Adam (2025) PEMERINTAH KALURAHAN DALAM PENERAPAN PELAYANAN BERBASIS E-GOVERNMENT KEPADA MASYARAKAT (Studi di Kalurahan Widodomartani Kapanewon Ngemplak Kabupaten Sleman). Sarjana thesis, Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa "APMD".
|
Text
SILAS CLLAUDIO ADAM IMBEYOPER_20520015.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
INTISARI Penerapan E-Government di desa merupakan bagian dari transformasi digital yang mendukung pembangunan dan pelayanan publik di tingkat desa. Pasca lahirnya Undang-Undang Desa No. 6 Tahun 2014, desa mendapatkan kewenangan yang lebih luas dalam mengelola anggaran dan mengatur urusan pemerintahan secara mandiri. Penerapan prinsip E-Government di desa bertujuan untuk menciptakan sistem pemerintahan yang lebih transparan, efisien, partisipatif, dan akuntabel, serta mampu menjawab berbagai tantangan di era digital. Dalam konteks desa, penerapan prinsip-prinsip E-Government menjadi krusial untuk mempercepat proses transformasi menuju desa yang lebih maju, cerdas, dan mandiri. Penerapan EGovernment di Kalurahan Widodomartani menghadapi sejumlah tantangan yang menjadi fokus dalam penelitian ini. Meskipun telah dilakukan upaya untuk mengintegrasikan teknologi digital dalam pelayanan publik, masih terdapat masalah terkait aksesibilitas teknologi bagi seluruh warga, kesenjangan pemahaman penggunaan platform digital,serta infrastruktur yang belum sepenuhnya mendukung Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. subjek dalam penelitian ini terdiri dari Pemerintah Kalurahan Widodomartani dan Masyarakat Kalurahan Widodomartani. Subjek dalam penelitian ini ditentukan melalui teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pemerintah Kalurahan Widodomartani belum sepenuhnya menerapkan pelayanan administrasi kependudukan berbasis elektronik sesuai dengan peraturan pemerintah maupun peraturan Kabupaten Sleman yang berlaku. Meskipun ada upaya untuk menjalankan sistem E-Government, pelaksanaannya belum terwujud secara utuh dan justru terkesan semu. Pelayanan yang ada saat ini tidak memberikan dampak yang signifikan dalam hal efektivitas, efisiensi, maupun interaktivitas antara pemerintah kalurahan dan masyarakat. Bagi masyarakat, pelayanan E-Government yang ada belum mampu memberikan kemudahan yang diharapkan. Bahkan, bagi sebagian warga, sistem ini lebih dirasakan merugikan dan tidak menguntungkan karena kesulitan dalam mengakses aplikasi, keterbatasan pemahaman terhadap teknologi, dan kurangnya dukungan teknis yang memadai. Oleh karena itu, meskipun ada niat baik dalam mengimplementasikan E-Government, pemerintah Kalurahan Widodomartani perlu melakukan evaluasi dan perbaikan agar layanan berbasis elektronik dapat berjalan dengan lebih efektif, efisien, dan interaktif serta benar-benar memberikan manfaat bagi masyarakat. Kata Kunci: E-Government, Pelayanan Publik, Pemerintah Kalurhana
| Item Type: | Skripsi dan Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Additional Information: | 20520015 |
| Subjects: | J Political Science > JS Local government Municipal government |
| Depositing User: | Mr Bowo Indrianto |
| Date Deposited: | 01 Aug 2025 07:11 |
| Last Modified: | 01 Aug 2025 07:11 |
| URI: | http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/3386 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
