Search for collections on STPMD APMD Repository

Indeks kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Perizinan,Izin Mendirikan Bangunan di Kota Yogyakarta(Suatu Penelitian Deskriptif pada Dinas Penanaman Modal dan Perizinan DIY)

Rici, Mialina (2018) Indeks kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Perizinan,Izin Mendirikan Bangunan di Kota Yogyakarta(Suatu Penelitian Deskriptif pada Dinas Penanaman Modal dan Perizinan DIY). [Experiment]

[img]
Preview
Text
633-IP-IV-2018-14520010-RICI MIALIA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan survai Kepuasan masyarakat yang di lakukan oleh Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Kota Yogyakarta bahwa Jenis Perizinan Izin Mendirikan Bangunan IMB adalah terendah dengan angka konversi 75,81 pada kategori mutu pelayanan baik. Dengan ada penelitian ini peneliti melihat bahwa Izin IMB adalah jenis Izin yang banyak digunakan oleh kalangan masyarakat umum, pemerintah maupun pihak Swasta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan Perizinan IMB di Dinas Penanaman Modal dan Perizinan kota Yogyakarta diukur berdasarkan kepuasan masyarakat menggunakan Indeks Kepuasan Masyarakat. Harapannya dapat menemukan unsur apa yang terendah pada Izin Mendirikan Bangunan dan prioritas perbaikan serta harapan dari masyarakat terhadap pelayanan di Dinas Penanaman Modal dan Perizinan. Dengan rumusan masalah sebagai berikut : (1) Bagaimana Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan IMB?(2) Apa saja unsur-unsur pelayanan pada Indeks Kepuasan Masyarakat yang memiliki nilai paling rendah pada pelayanan IMB di Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Kota Yogyakarta?(3) Apa prioritas perbaikan yang perlu di lakukan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan perizinan IMB di Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Kota Yogyakarta? Penelitian ini menggunakan desain pendekatan kuantitatif deskriptif untuk mengetahui perolehan Indeks Kepuasan Masyarakat. Sementara itu untuk mengetahui harapan masyarakat akan peningkatan kualitas pelayanan Perizinan dan prioritas perbaikan maka digunakan metode pendukung yaitu dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di Dinas Penanaman Modal dan perizinan Kota Yogyakarta pada bulan Desember 2017 hingga Maret 2018. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik nonprobabilitysampling dengan jenis accidental sampling, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan faktor spontanitas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner atau angket,wawancara dan dokumentasi. Analisis IKM dan Interpretasi menggunakan rumus yang diatur dalam Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 16 tahun 2014 tentang survei kepuasan Masyarakat. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif berbentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pelayanan IMB di Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Kota Yogyakarta mengacu pada standar pelayanan. bahwa nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) untuk pelayanan IMB adalah 3.11 dengan angka konversi sebesar 77.87, dengan unsur terendah yaitu Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan mempunyai nilai 68,5 hal tersebut diarenakan Surat Keputusan Pemberian Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang masuk dalam kategori Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan dirasakan kurang oleh masyarakat. Kata Kunci: Izin Mendirikan Bangunan, Indeks Kepuasan Masyarakat.

Item Type: Experiment
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 02:09
Last Modified: 30 May 2018 02:09
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/437

Actions (login required)

View Item View Item