ALEXANDER K NJURUMAY, ALEXANDER (2018) PERAN PEMERINTAH KELURAHAN DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN BAGI MASYARAKAT (Penelitian Deskripsi Kulaitatif di Kelurahan Kambajawa Kota Waingapu Kabupaten Sumba Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur). [Experiment]
Text
SKRIPSI ALEXANDER K NJURUMAY 14520056 2.pdf Download (1MB) |
Abstract
Dalam hal mewujudkan tata kelola yang baik di lingkup kelurahan kambajawa, diperlukan Peran Pemerintah Kelurahan dalam hal mewujudkan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Oleh karenanya jika dilihat berdasarkan Undang-Undang No. 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah menjelaskan bahwa peran Pemerintah Kelurahan harus mampu mewudjudkan sistem pelayanan publik yang baik dalam lingkup wiayah adminitrasi, hal ini yang menjadi acuan peneliti dalam hal meningkatkan pelayanan kepada masyarakat jika dilihat dari ; Transparasi, Akuntabilitas, Responsovitas, Responsibilitas, Kualitas Pelayanan. Hal ini yang menjadi alasan bagi peneliti mengambil judul skripsi “ Peran Pemerintah Kelurahan Dalam Meningkatkan Pelayanan Bagi Masayarakat. Rumusan masalah yang diangkat pada penelitian ini yaitu: “Bagimana Peran Pemerintah Kelurahan Dalam Meningkatkan Pelayanan Bagi Masayarakat” Dalam penelitian ini mengunakan metode Penelitian kualititaif dengan tipe deskriptif peneliti menggunakan Porposive. Teknik pengumpulan data peneliti mengunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, yakni mengumpulkan dokumen yang relevan dengan penelitian ini. Dalam melakukan wawancara peneliti mengambil 12 orang informan yang terdiri dari Aparatur Kelurahan dan Anggota Masyarakat. Berdasarkan data yang dikumpulkan bahwa dalam hal Peran Pemerintah Kelurahan dalam Meningkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat jika dilihat dari aspek Transparansi; Jika dilihat dari UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah hal yang sangat ditekankan adalah asas-asas penyelenggaran pemerintah daerah jika dilihat dari Akuntabilitas kinerja pelayanan publik harus sesuai dengan standar atau akta/janji pelayanan publik yang telah ditetapkan. Standar pelayanan publik harus dapat dipertanggungjawabkan secara terbuka, baik kepada publik maupun kepada atasan atau pimpinan unit pelayanan aparatur Kelurahan. Apabila terjadi penyimpangan dalam hal pencapaian standar, harus dilakukan upaya perbaikan. melakukan musrembang dengan masyarakat,kami membuat program dan hasilnya adalah kami juga dituntut untuk membuat laporan pertangung jawaban kepada atasan dimana sejauh mana besar anggaran yang kemudian kami buat dalam hal pembangunan dan pemberdayan di lingup kelurahan. Dan memang masih banyak masyarkat yang kurang tahu karena kita belum menggunakan e-govermant dalam mewujudkan pelayanan public yang baik.” Responsivitas Lurah dalam hal menjalankan roda dalam wilayah kerja adminitrasi harus mampu untuk rnengenal kebutuhan masyarakat, menyusun agenda dan prioritas pelayanan, serta mengembangkan program-program sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat. Namun dalam pelaksanaannya Peran dalam as pek responsifitas . Pemerintah dikelurahan kurang menjalankan roda organisasi baik dalam pelayanan public. Hal ini diihat dari kurang cekatan nya Lurah Dalam melihat persolanan yang ada sehingga dalam menangapinya lama dan kurang efektif kepada masyarakat. Memang dalam hal Lurah menggerakan masyarakat ikut sama- sama dengan pihak kelurahan dalam hal melakukan program yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dinilai kurang. Responsibilitas penting dan seharusnya dilakukan oleh Lurah sebagai pimpinan yang ada dalam kelurahan kepada masyarakat guna memeriahkan pelayanan yang baik dan maksimal. Kelurahan kambajawa merupakan kelurahan tertib adminisrasi dimana dalam hal pelayanan kepada masyarakat mengenai waktu pengurusan belum cukup sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Peran Lurah Kambajawa dalam kualitas pelayanan dikelurahan maka wajib terjadi feed beck dimama perlu adanya Kepuasan (Satisfaction) adalah perasaan senang atau kecewa oleh angota masyarakat di kelurahan kambajawa yang bisa membandingkan kinerja (hasil) yang dipikirkan terhadap kinerja (atau hasil) dari peran Lurah dalam meningkatkan pelyanan kepada masyarakat. Hal inilah yang menajdi dasar bahwa kulitas pelayan yang terjadi dikelurahan dibawah harapan masyarakat karena masyarakat merasa tidak puas karena terlalu Berbelit- belit. Jika kinerja memenuhi harapan maka kami pun sebagai anggota masyarakat merasa puas. Jadi, kepuasan merupakan fungsi dari persepsi atau kesan atas kinerja dan harapan. Jika kinerja berada dibawah harapan maka pelanggan tidak puas. Jika kinerja memenuhi harapan maka pelanggan akan merasa puas.
Item Type: | Experiment |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) J Political Science > JF Political institutions (General) J Political Science > JS Local government Municipal government |
Divisions: | Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Mr okie fajaruddin |
Date Deposited: | 04 Feb 2019 04:26 |
Last Modified: | 04 Feb 2019 04:26 |
URI: | http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/545 |
Actions (login required)
View Item |