Search for collections on STPMD APMD Repository

PERAN PEMERINTAH PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MEMFASILITASI PENDIDIKAN BAGI KAUM DIFABEL

ANTONIUS STEVANUS BILI, BILI (2018) PERAN PEMERINTAH PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MEMFASILITASI PENDIDIKAN BAGI KAUM DIFABEL. [Experiment]

[img] Text
SKRIPSI_ANTONIUS STEFANUS BILI_NIM.11520062 2.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan dasar setiap umat manusia untuk menjamin keberlangsungan hidupnya agar lebih bermartabat.Oleh karena itu Negara memiliki kewajiban untuk memberikan pelayanan pendidikan yang bermutu kepada warganya tanpa terkecuali termasuk orang yang memiliki perbedaan dalam kemampuan(Difabel).Selama ini akses dan fasilitas pendidikan untuk penyandang disabilitas masih dianggap kurang memadai, dalam hal ini ketersediaan fasilitas seperti lantai yang landai pada gedung sekolah khususnya di DIY belum banyak ditemui.Disamping itu pendidikan luar biasa tidak hanya bagi anak-anak yang berkebutuhan khusus tetapi juga ditujukan kepada anak-anak normal yang lainnya. Dengan demikian maka rumusan masalah yang dapat ditarik dalam penulisan skripsi ini yaitu Bagaimana Peran Pemerintah Provinsi DIY dalam Memfasilitasi Pendidikan Bagi Kaum Difabel?. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif guna menjelaskan peran pemerintah dalam memfasilitasi pendidikan bagi kaum difabel di provinsi DIY. Dalam penelitian ini jumlah informan adalah 14 orang dengan menggunakan teknik porpusive yang dianggap reprentatif dan memiliki kapasitas serta kompetensi dalam memberilan gambaran dan data terkait dengan objek penelitian peran pemerintah DIY dalam memfasilitasi pendidikan bagi kaum difabel. Dalam penelitian ini juga menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi guna memdapatkan data dan informasi secara tepat. Analisis data dalam penelitian ini meliputi mengolah dan mempersiapkan data, membaca keseluruhan data, menganalisis dengan meng-coding data, penyajian kembali dan interpretasi data. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap peran pemerintah Propinsi DIY dalam memfasilitasi pendidikan bagi kaum difabeldilakukan dengan lima(5) cara yaitu 1. Pemerintah berperan dalam memprakarsai pendidikan bagi kaum difabel dengan bentuk sosialisasi dan advokasi kepada sekolah-sekolah inklusi di propinsi DIY, 2. Pemerintah berperan dalam memfasilitasi sarana dan prasarana difabel seperti asesmen siswa dan juga menyediakan aksebilitas yang sesuai dengan kekurangan yang dialami siswa, 3.Pemerintah berperan dalam penyelenggaraan pendidikan kaum difabel dalam bentuk penyediaan guru pendamping dan pelatihan terhadap guru disekolah, 4. Pemerintah berperan dalam pengawasan pendidikan bagi kaum difabel seperti dalam bentuk pertemuan guru pendamping setiap bulan dan 5. Pemerintah berperan dalam membina pendidikan kaum difabel dengan cara memberikan pembinaan berkelanjutan terhadap anak didik yang memiliki bakat istimewa dibidang pengetahuan, teknologi, seni dan olahraga. Sehingga dengan peran pemerintah, sekolah-sekolah inklusi harus menerima siswa yang mengalami difabilitassesuai dengan Undang-Undang tentang pendidikan nasional dan peraturan Walikota No 8 Tahun 2014. Kata kunci: Peran Pemerintah, Fasilitas Pendidikan Difabel

Item Type: Experiment
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Mr okie fajaruddin
Date Deposited: 04 Feb 2019 04:11
Last Modified: 04 Feb 2019 04:11
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/570

Actions (login required)

View Item View Item