ASTUTI, ASTUTI (2018) PELAYANAN PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN DI KANTOR KELURAHAN TERBAN YOGYAKARTA. [Experiment]
Text
SKRIPSI ASTUTI 2.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pelayanan publik merupakan kebutuhan mendasar masyarakat sebagai warga Negara. Penyelenggara pelayanan publik merupakan salah satu unit kerja pada instansi pemerintah yang secara langsung memberikan pelayanan kepada penerima pelayanan publik. Sedangkan penerima pelayanan publik adalah orang, masyarakat, instansi pemerintah dan badan hukum. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan pelayanan publik pembuatan Akta kelahiran di kantor Kelurahan Terban Yogyakarta. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah merupakan salah satu tahap yang paling penting dalam sebuah penelitian.Sebab dalam melakukan penelitian tujuan utama peneliti adalah bagaimana caranya mendapatkan sebuah data. Dalam penelitian ini akan menggunakan teknik penentuan purposive sampling karena peneliti menentukan responden berdasarkan kebutuhan data yang dicari. Responden tersebut terdiri dari tiga aparatur kelurahan dan empat dari masyarakat. Sedangkan dalam teknik pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis Deskriptif-Kualitatif menurut Miles dan Huberman. Hasil penelitian yaitu bahwa pelayanan pembuatan akta kelahiran di Kantor Kelurahan Terban Yogyakarta adalah: Dari segi ketersediaan sumber daya bahwa fasilitas fisik yang ada di kelurahan sudah menunjukkan kondisi yang baik baik dari segi fasilitas primer maupun sekunder. Akan tetapi dari segi fasilitas ruang tunggu masih dikeluhkan oleh masyarakat. Peralatan atau perlengkapan yang tersedia dianggap telah cukup untuk melayani masyarakat yang mengurus akta kelahiran. Sementara dari segi personil atau pegawai dan pegawai juga masih sangat terbatas karena hanya dilayani oleh dua orang. Aparat cukup respon dalam memberiakan pelayanan pembuatan akta kelahiran. Kecepatan dan ketapatan aparat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat menunjukkan bahwa aparat sudah menunjukkan pelayanan yang lebih baik. Hal tersebut diungkapkan oleh masyarakat atau informan yang diwawancarai selama penelitian. Tingkat perhatian terhadap etika dan moral dalam memberikan pelayanan dapat dilihat dari kesopanan tidak terlalu terlihat ketika melayani dan kemudahan prosedur pelayanan. Kesopanan menunjukkan bahwa aparat telah berlaku sopan kepada masyarakat walaupun tidak semua mengalami hal tersebut, seperti ada yang mengatakan bahwa aparat tidak menunjukkan sikap 3S ketika melayani. Kemudahan prosedur pelayanan menunjukkan bahwa sudah ada prosedur baku. Tingkat kemauan untuk mengetahui keinginan masyarakat yang mengurus akta kelahiran menunjukkan aparat tidak membangun komunikasi yang baik dalam memberikan layanan pembuatan akta kelahiran.
Item Type: | Experiment |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) J Political Science > JS Local government Municipal government K Law > K Law (General) |
Divisions: | Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Mr okie fajaruddin |
Date Deposited: | 04 Feb 2019 03:54 |
Last Modified: | 04 Feb 2019 03:54 |
URI: | http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/580 |
Actions (login required)
View Item |