FAKHRUDDIN HR, FAKHRUDDIN (2018) TATA KERJA PEMERINTAHAN DESA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK (Studi Penelitian Deskriptif Kualitatif di Desa Panggungharjo Kecamatan Sewon Kabupaten Bnatul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta). [Experiment]
Full text not available from this repository.Abstract
Pemerintah Desa adalah penyelenggara urusan pemerintahan oleh Pemerintah Desa dalam mengatur dan mengurus kepentingan masyarakatsetempat berdasarkan asal-usul dan adat istiadat setempat yang diakui dan dihormati dalam system Pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan pemerintahan di Indonesia. Pelayanan publik merupakan salah satu tanggungjawab dari instansi pemerintah, baik itu di pusat, di daerah, maupun didesa.Pelaksanaan pelayanan publik ini merupakan salah satu fungsi pemerintah dalam melakukan kemudahan pada masyarakat dalam menggunakan hak dan kewajibannya.Dalam penyelenggaraan pelayanan oleh pemerintah desadiharapkan memberikan rasa kepuasan kepada masyarakat sesuai dengan yangmereka harapkan, dengan memperhatikan kualitas dan pelayanan itu diberikan relatif terjangkau dan mutu pelayanan yang baik.Maka dari pada itu kinerjapemerintah sangat berperan dalam mengatur dan mengarahkan seluruh kegiatan dalam mencapai tujuan meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat atau pelayanan terpadu.masalahnya kurangnya sarana pekerja yang memadai, masih kurangnya sumber daya manusia. Karena masih rendahnya kemampuan yangdimiliki aparat pemerintah desa dalam menjalankan tugas dan fungsi masingmasing,.Oleh sebab itu peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul Tatakerja pemerintah desa panggungharjo dalam meningkatkan pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Jenis data yangdigunakan dalam melaksanakan penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.dengan subyek penelitian perangakat desa dan tokoh masyarakat,informan ini ditentukan dengan tekhnik analisa data mengunakan kualitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil akhir penelitian menyatakan bahwa dalam pelayanan kepada masyarakat sudah memberikan yangterbaik dan tidak berbelit-berbelit dengan membangun komunikasi kepadamasyarakat dengan mensosialisasikan program-program kerja dan memberikan akses kepada masyarakat untuk mendapatkan informasi didesa melalui websitesehingga masyarakat dapat memberikan kritik dan saran. Tata kerja pemerintah desa sesuai dengan tupoksi dan keahlian masing-masing perangkat desa, Sehinggadapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat baik dalamkomunikasi maupun dalam bersikap. Pemerintah desa memberikan pelayanan tanpa membedakan status sosial, maka dapat disimpulkan tata kerja pemerintah desa dalam meningkatkan pelayanan publik sudah berjalan dengan efektif.
Item Type: | Experiment |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) J Political Science > JS Local government Municipal government |
Divisions: | Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Mr okie fajaruddin |
Date Deposited: | 04 Feb 2019 03:44 |
Last Modified: | 04 Feb 2019 03:44 |
URI: | http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/595 |
Actions (login required)
View Item |