Search for collections on STPMD APMD Repository

ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (KTP-EL) KEPADA PENYANDANG DISABILITAS DI KECAMATAN MINGGIR KABUPATEN SLEMAN

DYAH PURWANTI, DYAH (2018) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (KTP-EL) KEPADA PENYANDANG DISABILITAS DI KECAMATAN MINGGIR KABUPATEN SLEMAN. Masters thesis, Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa "APMD".

[img] Text
repo dyah purwanti.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penyandang disabilitas merupakan warga Negara RI yang dalam UUD 1945 dijamin memiliki kedudukan, hak, kewajiban dan peran yang sama dengan warga Negara lainnya termasuk memperoleh pelayanan KTP-el. Penelitian ini difokuskan pada penyandang disabilitas dikarenakan dalam pembuatan KTP-el, penyandang disabilitas termasuk kelompok masyarakat yang rentan tidak terpenuhi haknya. Penulisan tesis bertujuan: (1) Mendapatkan jawaban atas pertanyaan kualitas pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) kepada penyandang disabilitas di Kecamatan Minggir Kabupaten Sleman. (2) Mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) kepada penyandang disabilitas di Kecamatan Minggir Kabupaten Sleman. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Obyek penelitian ini adalah kualitas pelayanan pembuatan KTP-El bagi penyandang disabilitas serta faktor pendukung dan penghambatnya. Subjek penelitian ini adalah kepala Dinas Dukcapil, petugas bidang pendaftaran penduduk Dinas Dukcapil, Camat, petugas pelayanan umum kecamatan, dan penyandang disabilitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis model interaktif menurut Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: (1) Kualitas pelayanan dapat dilihat dari: a. Prosedur pelayanan sudah sesuai dengan Undang-Undang dan SOP; b. Waktu penyelesaian pembuatan KTP-El belum sesuai dengan SOP; c. Pembuatan KTP-El tidak dikenakan biaya; d. Kualitas produk KTP-el lebih baik dibandingkan KTP yang lama; e. Sarana dan prasarana sudah memadai hanya saja perlu pengadaan transportasi khusus untuk jemput bola; f. Petugas pelayanan pembuatan KTP-el di Kecamatan Minggir telah memiliki kompetensi yang memadai. (2) Faktor pendukung pelyanan pembuatan KTP-El antara lain: a. Regulasi yang ada dasar hukumnya; b. Komitmen pelayanan antar SKPD; c. Kemampuan petugas yang baik dalam pelayanan; d. Adanya sarana perekaman; e. Adanya dukungan dana dari APBD; f. Adanya kepedulian dari perangkat desa untuk menginformasikan KTP-el. (3) Faktor penghambat pelayanan pembuatan KTP-EL antara lain: a. Tidak adanya informasi keberadaan disabilitas karena kurangnya kesadaran pihak keluarga untuk melaporkan anggota keluarganya yang difabel; b. Belum adanya transportasi khusus dan memadai sebagai fasilitas layanan jemput bola ke rumah penyandang disabilitas; c.Kurangnya fasilitas di kantor Kecamatan Minggir yang aksesibel bagi penyandang disabilitas; d. kurang aktifnya perangkat desa membantu penyandang disabilitas dalam pembuatan KTP-el.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Program Pendidikan Magister > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Mr okie fajaruddin
Date Deposited: 14 Feb 2019 06:36
Last Modified: 14 Feb 2019 06:36
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/602

Actions (login required)

View Item View Item