Search for collections on STPMD APMD Repository

PELAYANAN KESEHATAN PUSKESMAS MALAHAR DI KECAMATAN TABUNDUNG KABUPATEN SUMBA TIMUR PROPINSI NUSA TENGGARA TIMUR (Studi penelitian desptif-kualitatif di Puskesmas Malahar Kecamatan Tabundung Kabupaten Sumba Propinsi NTT)

SUVANDRA PURA AMAH, PURA (2019) PELAYANAN KESEHATAN PUSKESMAS MALAHAR DI KECAMATAN TABUNDUNG KABUPATEN SUMBA TIMUR PROPINSI NUSA TENGGARA TIMUR (Studi penelitian desptif-kualitatif di Puskesmas Malahar Kecamatan Tabundung Kabupaten Sumba Propinsi NTT). [Experiment]

[img] Text
SUVANDRA PURA AMAH-14520021-FULLTEXT.pdf

Download (2MB)

Abstract

Puskesmas merupakan salah satu Pelayanan kesehatan secara langsung dapat di rasakan masyarakat. Puskemas Malahar masih memiliki keterbatasan dalam meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat. Rumusan Masalahnya adalah Bagaimana Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Malahar , Kecamatan Tabundung, Kabupaten Sumba Timur, Propinsi Nusa Tenggara Timur? Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelayanan kesehatan Puskesmas Malahar. Adapun teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan dalaam menentukan informan peneliti menggunakan Purposive random sampling sebanyak 19 orang. Teknik analisis Data menggunakana analisis data secara deskriptif kualitatif yaitu pengambilan data dari informan, dengan menggunakan teknik pengumpulan data seperti;observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan teknik pengumpulan data dengan caraa; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian tentang Pelayanan Puskesmas Malahar Kecamatan Tabundung dapat di lihat Antara lain (1) fasilitas yang ada di puskesmas Malahar dalam memberikan pelayanan kesehatan terhadap pasien seperti; gedung,ruang tungggu, ruang perawat, ruangobat-obatan, KIA, laboratorium, tempat parkir, ruang pemeriksa, ruang bersalin dan ruang dokter sudah tersedia. Akan tetapi masih ada kekurangan yang ada seperti penyediaan alat-alat medis yang masih kurang dan juga keterbatasan petugas pelayanan (2) pelayanan kesehatan terhadap pasien sudah menjangkau semua pihak dan dengan kejelasan rincian biaya yang memuaskan masyarakat, tetapi prosedur yang disediakan masih menjadi kendala seperti prosedur pelayanan yang mudah di pahami, terlebih khususnya pada masyarakat yang buta huruf, tentu pihak puskesmas harus ada tindakan petugas pelayanan untuk mendampingi. (3) dalam memberikan pelayanan kesehatan petugas Puskesmas sudah bertanggungjawab memberi pelayanan kesehatan daya tanggap kepada keluhan pasien dengan harapan cepat tertolong dan di selamatkan. Dan juga petugas puskesmas menyediakn kotak saran, namun kotak saran tersebut di lepaskan karna sering benturan dengan badan pengujung.( 4) Assurance (kepastian) pengetahuan para petugas dan kemampuan para petugas dalam pengetahuan petugas dan kemampuan petugas dalam memberikan pealayanan keesehatan sesuai dengan standar operasi pelayanan karna setipa petugas harus melakukan pelayanan dengan memilki STR ( Surat Tanda Registrasi) pada masing-masing bidang alhinya. Dengan kemampuan petugas dalam sikap ramah dan sopan santun dalam memberiikan pelayanan tentu masyarakat sangat puas dengan pelayanan puskesmas malahar. memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien sudah sesuai dengan kompetensi pendidikan petugas pemberi layanan kesehatan, atau tidak ada diskriminasi karna petugas pelayanan tidak secara langsung menjadi petugas kesehatan terlebih dahulu menempuh pendidikan kesehatan sehingga dalam memberikan pelayanan terhadap pasien sesuai dengan apa yang di harapkan oleh pasien atau masyarakat dan petugas Puskesmas Malahar sudah. (5) perlakuan atau perhatian khusus petugas kesehatan di Puskesmas Malahar yang di berikan kepada pasien juga merupakan tugas yang harus di jalankan karna sebagai petugas sudah seharusnnya menjalankan tugasnnya sebagai pemberi layanan kesehatan, seperti tidak ada diskriminasi dan dalam pemberian pelayan tentu di utamakan pertongan pertama pada penderita yang sakit berat itu yang di laksanakan oleh petuagas Puskesmas Malahar dan pelayanan kesehatan sudah berjalan dengan baik sesuai dengan harapan masyarakat atau pasien.

Item Type: Experiment
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Program Pendidikan Magister > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Mr okie fajaruddin
Date Deposited: 23 May 2019 03:00
Last Modified: 23 May 2019 03:00
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/678

Actions (login required)

View Item View Item