Search for collections on STPMD APMD Repository

KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI KECAMATAN LARANTUKA KABUPATEN FLORES TIMUR (Studi Penelitian Deskriptif kualitatif Di RSUD Dr.Hendrikus Fernandez Larantuka Kabupaten Flores Timur,NTT)

KHATARINA FERNANDEZ AIKOLI, KHATARINA (2019) KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI KECAMATAN LARANTUKA KABUPATEN FLORES TIMUR (Studi Penelitian Deskriptif kualitatif Di RSUD Dr.Hendrikus Fernandez Larantuka Kabupaten Flores Timur,NTT). [Experiment]

[img] Text
SKRIPSI KATHARINA FERNANDEZ AIKOLI_15520076.pdf

Download (2MB)

Abstract

RSUD Dr. Hendrikus Fernandez Larantuka merupakan salah satu bagian sistem pelayanan kesehatan dan merupakan salah satu sarana pelayanan kesehatan yang mempunyai peran sangat penting dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, karena merupakan satu-satunya rumah sakit yang ada di Kabupaten Flores Timur serta menjadi pusat rujukan bagi semua sarana pelayanan kesehatan dasar yang ada di Kabupaten Flores Timur. Tuntutan dari masyarakat sebagai pengguna jasa pelayanan agar mutu pelayanan kesehatan di RSUD Dr. Hendrikus Fernandez Larantuka ditingkatkan. Masalah kekosongan obat sering menjadi keluhan masyarakat, hal ini terjadi karena keterbatasan anggaran. Anggaran untuk obat-obatan sudah dianggarakan dalam satu tahun kedepan, sehingga dalam perjalanan terjadi kekosongan obat maka pihak rumah sakit tidak bisa berbuat apa-apa, selain itu karena anggaran yang diberikan kepada rumah sakit juga kecil sehingga obat yang disediakan juga terbatas sesuai dengan anggaran yang diberikan. Rumah sakit harus menggunakan anggaran dengan sebaik-baiknya dengan memperhatikan kebutuhan pengguna layanan/masyarakat sehingga tidak terjadi kekosongan obat di rumah sakit. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, penulis mempunyai 11 orang informan, yakni 6 orang pegawai rumah sakit dan 5 orang pengguna layanan/masyarakat di Rumah Sakit. Informan ini tentunya mampu memberikan data obyektif terkait kualitas pelayanan kesehatan di RSUD Dr. Hendrikus Fernandez Larantuka. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan, maka dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit dilihat kualitas pelayanan kesehatan di RSUD Dr. Hendrikus Fernandez Larantuka belum memberikan pelayanan yang baik, yang dilihat dari pegawai dalam memberikan pelayanan kepada pengguna layanan/masyarakat dinilai kurang ramah, cenderung kurang senyum dan kasar, sehingga menimbulkan rasa kurang nyaman terhadap pengguna layanan/masyarakat, rumah sakit dalam memberikan pelayanan terkadang kurang cepat karena sering terjadi kekosongan obat dikarenakan keterbatasan anggaran yang dimiliki oleh rumah sakit, masih terjadi mis komunikasi antara pegawai dengan pengguna layanan/ masyarakat, fasilitas di rumah sakit belum memadai serta perlengkapan yang ada di rumah sakit juga banyak yang belum terpenuhi.

Item Type: Experiment
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Mr okie fajaruddin
Date Deposited: 23 May 2019 01:49
Last Modified: 23 May 2019 01:49
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/685

Actions (login required)

View Item View Item