Search for collections on STPMD APMD Repository

PELAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT PADA BIDANG PROFESI DAN PENGAMANAN POLDA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

MONICA DWI PUTRI, MONICA (2019) PELAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT PADA BIDANG PROFESI DAN PENGAMANAN POLDA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. [Experiment]

[img] Text
MONICA DWI PUTRI 17610008.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pelayanan Pengaduan Masyarakat Pada Bidang Profesi dan Pengamanan Polda Daerah Istimewa Yogyakarta”. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian pada Bid Propam Polda DIY ini adalah faktor kurangnya sarana dan prasarana serta pengguna layanan yang dapat mempengaruhi pelaksanaan proses pelayanan pengaduan. Dalam rangka mewujudkan Polri yang mandiri dan profesional dengan pelaksanaan Reformasi Birokrasi Polri, salah satu cara yang dapat digunakan adalah revitalisasi pelayanan pengaduan dengan meningkatkan kualitas layanan, sehingga terciptanya pelayanan yang lebih berkualitas sehingga kepuasan pelanggan dapat tercapai dan meningkat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Informan atau narasumber berjumlah 17 orang terdiri dari Kepala Sub Bagian Yanduan Bidang Propam Polda DIY, 3 orang staf operasional pada Sub Bagian Yanduan Sub Bagian Yanduan Propam Polda DIY, Kepala Sub Bidang Provost Bidang Propam Polda DIY, 3 orang staf operasional pada Sub Bidang Provost Bidang Propam Polda DIY, Kepala Sub Bidang Wabprof Bidang Propam Polda DIY, 3 orang staf operasional pada Sub Bidang Wabprof Bidang Propam Polda DIY, Masyarakat sebagai pelapor 5 orang. Teknik analisis data dalam penelitian kualitatif ini, yaitu data reduction, data display dan conclusion drawing/verification. Dari penelitian ini, diperoleh data yang menyebutkan bahwa pelayanan pengaduan pada Bid Propam Polda DIY terselenggara dengan baik, terdapat standar operasional yang jelas, jaminan hukum, jaminan keamanan, jaminan tidak dipungut biaya, pelayanan yang ramah dan sopan serta cepat dan tepat. Faktor pendukung dalam pelayanan pengaduan Bid Propam Polda DIY berupa sarana prasarana yang memadai, sumber daya manusia yang handal dan berkompeten dengan kuantitas yang sesuai dengan ketentuan, dan anggaran yang mendukung terlaksananya proses penerimaan laporan hingga penyelesaian kasus yang dilaporkan. Faktor penghambat dalam pelayanan pengaduan Bid Propam Polda DIY meliputi ruangan yang kurang luas, listrik yang sering mati, dan perangkat computer yang perlu diremajakan juga pengadaan laptop untuk pelaksanaan pemeriksaan saksi di luar kantor.

Item Type: Experiment
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Program Pendidikan Magister > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Users 52 not found.
Date Deposited: 24 May 2019 02:21
Last Modified: 24 May 2019 02:21
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/755

Actions (login required)

View Item View Item