Search for collections on STPMD APMD Repository

MODEL PELAYANAN AIR BERSIH PERDESAAN

Rini Dorojati, Ir.,M.S. (2016) MODEL PELAYANAN AIR BERSIH PERDESAAN. Masyarakat, Kebudayaan dan Politik, 29 (3). pp. 146-158. ISSN 2086-7050

[img] Text
Model Pelayanan Air Bersih Perdesaan-MKP.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rendahnya cakupan pelayanan air bersih menyebabkan masih banyak masyarakat yang mengkonsumsi air tidak memenuhi layak kesehatan. Salah satu upaya meningkatkan cakupan pelayanan dengan membentuk kelompok swadaya masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk menemukan model pelayanan air bersih bagi masyarakat perdesaan berbasis kelompok. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif, sebagai obyek penelitian adalah penyelenggara pelayanan air bersih kelompok swadaya masyarakat Oyo Wening Sentosa di Desa Bunder Kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul. Pengumpulan data dengan pemanfaatan dokumen, pengamatan partisipatif, wawancara mendalam dan FGD. Analisis hasil penelitian dilakukan dengan metode kualitatif. Pelanggan sebanyak 1170 saluran rumah tangga yang tersebar di empat desa. Prosedur pelayanan diterapkan berdasar kondisi masyarakat setempat, sehingga menjadi salah satu pendukung kelangsungan pelayanan air bersih perdesaan. Terbatasnya pengetahuan petugas, legalitas organisasi belum dimiliki, sarana dan prasarana terbatas, dan tarif yang relatif rendah Rp 3.500 per m3 merupakan kelemahan dalam pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan air bersih yang diselenggarakan oleh kelompok swadaya masyarakat Oyo Wening Sentosa merupakan model sinergi antara organisasi yang dibentuk atas kepedulian masyarakat dan dukungan pemerintah berupa program Sistem Penyediaan Air Minum Ibu Kota Kecamatan (SPAM IKK). Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pelayanan air bersih perdesaan dengan model pelayanan yang diterapkan Oyo Wening Sentosa menunjukkan peningkatan akses masyarakat terhadap air bersih, dan ekonomi masyarakat juga meningkat. Pemenuhan legalitas adalah penting, maka legalitas pengelolaan usaha pelayanan air bersih menjadi prioritas bagi pihak-pihak pemangku kepentingan agar pelayanan prima segera terwujud. Kata kunci: pelayanan, air bersih, perdesaan

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Pusat Publikasi Ilmiah
Depositing User: Mr okie fajaruddin
Date Deposited: 19 Aug 2019 05:58
Last Modified: 07 Feb 2020 06:24
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/811

Actions (login required)

View Item View Item