Search for collections on STPMD APMD Repository

STRATEGI KOLABORASI BISNIS UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI DAN CAKUPAN USAHA UKM KERAJINAN (BATIK DAN KAIN JUMPUTAN) DI KECAMATAN UMBULHARJO YOGYAKARTA

Sri Utami, Dra.,M.Si (2018) STRATEGI KOLABORASI BISNIS UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI DAN CAKUPAN USAHA UKM KERAJINAN (BATIK DAN KAIN JUMPUTAN) DI KECAMATAN UMBULHARJO YOGYAKARTA. [Experiment]

[img] Text
LAPORAN AKHIR PENELITIAN 2018 pdf.pdf

Download (605kB)

Abstract

Masalah yang dihadapi oleh UMKM khususnya UKM Kerajinan Batik dan Kain Jumputan di Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta cukup komplek. Faktor internal dan eksternal perlu dikaji secara simultan. Dari sisi internal, masalah yang komplek dari usaha kecil mikro (batik kkain jumputan) pada mulanya adalah permodalan, pengembangan produk, pemasaran hasil produksi, dan ketidak siapan dan tidak fisibilitasnya usaha yang dihasilkan. Bersamaan dengan persaingan pasar yang semakin terbuka termasuk usaha kecil mikro (batik dan kain jumputan) adalah menuntut produktivitas yang banyak tetapi dalam realita hasil produksinya sedikit, sehingga usaha kecil mikro (batik dan kain jumputan) menjadi cenderung tidak efisien dalam usahanya. Penelitian ini bertujuan menjelaskan langkah-langkah strategi yang dapat dioperasionalkan dengan mudah dan aman untuk meningkatkan efisiensi dan cakupan usaha, dan menjelaskan cara mengkollaborasikan binsnis usaha menjadi usaha yang lebih menguntungkan, sehingga dapat menjadi model pembedayaan ekonomi masyarakat. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Pandeyan dan Kelurahan Tahunan Kecamatan Umbulharjo, dengan metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, observasi dan wawancara mendalam. Analisis data menggunakan metode deskriptif eksploratif dibbantu dengan menggunakan model analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, untuk meningkatkan usaha pada Usaha Kecil Mikro (UKM) perlu dilakukan melalui penguatan potensi internal, agar usaha kecil mikro mampu memanfaatkan peluang-peluang yang ada. Hal ini dilakukan melalui pengembangan kolaboasi bisnis atau aliansi strategis antar sesama pelaku usaha mikro kecil yang sejenis atau homogin (batik dan kain jumputan) untuk mengisi kebutuhan satu sama lain, maupun untuk mencapai skala usaha yang ekonomis dan untuk meningkatkan cakupan usaha yang lebih besar lagi. Kata-kata kunci: Usaha Kecil Mikro, Pengembangan, Kolaborasi Bisnis.

Item Type: Experiment
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2019 03:04
Last Modified: 20 Sep 2019 03:04
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/816

Actions (login required)

View Item View Item