Search for collections on STPMD APMD Repository

PELAYANAN PEMERINTAH DESA DALAM PENGURUSAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

DANIAL NDILU, HAMBA BANJU (2019) PELAYANAN PEMERINTAH DESA DALAM PENGURUSAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN. [Experiment]

[img] Text
DANIAL NDILU HAMBA BANJU.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pelayanan publik yang dilakukan oleh pemerintah desa masih dihadapkan pada pelayanan yang belum efektif dan efisien serta kualitas sumber daya manusia yang belum memadai. Hal ini terlihat dari masih banyaknya pengaduan dari masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung. Masyarakat setiap waktu menuntut pelayanan publik yang berkualitas, meskipun tuntutan tersebut sering tidak sesuai dengan harapan pengguna layanan. Penelitian ini menggambarkan bagaimana pelayanan pemerintah desa dalam pengurusan administrasi kependudukan di Desa Ponjong. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan penentuan informan dengan teknik purposive. Informan penelitian melibatkan 20 (dua puluh) orang yaitu pemerintah desa (penyedia layanan) dan masyarakat (pengguna layanan). Lokasi Penelitian yaitu Desa Ponjong Kecamatan Ponjong Kabupaten Gunungkidul. Teknik pengumpulan data penelitian yaitu pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Kemudian analisis dengan cara mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan pemerintah desa dalam pengurusan administrasi kependudukan di kantor Desa Ponjong Kecamatan Ponjong Kabupaten Gunungkidul di nilai dari beberapa dimensi yaitu : 1) Tangible (bukti langsung) Belum maksimal dalam pengelolaan dan penataan ketersediaan sarana dan prasarana pelayanan. Masih ada kekurangan seperti, ruangan untuk perangkat desa, ruang pelayanan sempit, dan penataan parkiran serta kebersihan. 2) Reliability (kehandalan) Kemampuan untuk menyelenggarakan pelayanan yang dijanjikan secara akurat. Para petugas sudah handal dalam mengurus administrasi, mempunyai standar pelayanan, dan mampu menggunakan fasilitas-fasilitas penunjang pelayanan. Masyarakat dapat memperoleh informasi dari desa melalui perangkat desa pada pertemuan RT/RW setempat. 3) Responsiveness (daya tanggap). Pemerintah desa menyampaikan informasi lewat lisan dan tulisan. Pemerintah desa menyediakan kotak saran dan Penyampaian keluhan dapat disampaikan langsung kepada pemerintah desa dan RT/RW. Keluhan tersebut akan dibahas pada rapat koordinasi pemerintah desa dan mitra kerja pemerintah desa yang di adakan setiap hari senin. 4) Assurance (jaminan). Pada jaminan ketepatan waktu belum memberikan kepuasan kepada masyarakat. 5) Empathy (empati) Perangkat desa membantu masyarakat yang merasa kesulitan, mampu menjelaskan persyaratan pengurusan administrasi kependudukan dan mengutamakan kepentingan masyarakat.

Item Type: Experiment
Additional Information: 15520051
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Mr okie fajaruddin
Date Deposited: 23 Jan 2020 02:00
Last Modified: 23 Jan 2020 02:00
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/891

Actions (login required)

View Item View Item