Elias, Mirin (2019) Pemerintah Kecamatan Dalam Pelayanan Administrasi di Kantor Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta (Suatu Penelitian Deskriptif Kualitatif di Kantor Kecamatan Tanjungsari). [Experiment]
Text
ELIAS MIRIN.pdf Download (1MB) |
Abstract
SINOPSIS Sebagai salah satu institusi pemerintah di tingkat Kecamatan maka seorang Camat berperan aktif dalam meningkatkan kinerja aparatur Kecamatan yang berada di ruang lingkup kerjanya yang mempunyai tugas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang berada di wilayah kerjanya. Dalam hal ini pelayanan publik lebih pada pelayanan pembuatan KTP, Akta Kelahiran AK, dan Kartu Keluarga KK dan lain sebagainya. Dalam penjabaran Keputusan Menteri Dalam Negeri (Kemendagri) Nomor 158 Tahun 2004 tentang Pedoman Organisasi Kecamatan telah tercantum dengan jelas bahwa kewenangan pemerintah yang dilimpahkan Bupati kepada Camat yaitu salah satu point yang berisi tentang pelaksanaan administrasi kependudukan. Dalam konteks ini penyusun akan meneliti tugas pelayanan, lebih khususnya pada aspek administrasi kependudukan kepada masyarakat. Salah satu alasan memilih topik ini, bahwa pelayanan publik yang dilakukan oleh instansi pemerintah saat ini adalah selalu menjadi sorotan berbagai pihak terutama mengenai dimensi kepuasaan masyarakat. Dengan mempelajari kinerja aparatur Kecamatan dalam pelayanan publik maka aparat kecamatan mempunyai tugas yang ekstra terhadap pelayanan administrasi seperti pembuatan KTP, KK AK, AKIP dan sebagainya. Berdasarkan paparan diatas maka yang menjadi rumusan masalah adalah “ Bagaimana Pemerintah Kecamatan dalam Pelayanan Administrasi di Kantor Kecamatan Tanjungsari ? Dalam penyusunan skripsi ini, penyusun menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dari analisis data yang penyusun peroleh dengan teknik analisis dan interpretatif data yang berpijak pada pengumpulan data dengan cara pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Jumlah informan yang peneliti tentukan dalam penelitian ini adalah berjumlah 10 orang informan yang terdiri dari aparatur Kecamatan Tanjungsari 5 orang dan tokoh masyarakat 5 orang jadi berjumlah 10 orang informan. Dari hasil penelitian penyusun dapat mendeskripsikan sebagai berikut: Prokduktivitas aparatur Kecamatan Tanjungsari di lihat dari kualitas sumber daya manusia, sedangkan responsivitas, responsibilitas, kualitas layanan, serta akuntabilitas dan transparansi aparatur Kecamatan Tanjungsari lebih pada penyerapan infromasi yang diterima oleh masyarakat. Kualitas layanan aparatur Kecamatan dilihat dari kepuasaan masyarakat serta prosedur pelayanan secara umum kualitas pelayanan sudah baik, yang menjadi masalah selama ini hanya saja kelengkapan surat-suratnya. Akuntabilitas kinerja aparatur Kecamatan Tanjungsari sudah konsisten terhadap masyarakat yaitu pelayanan yang diberikan oleh aparatur kecamatan sudah sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan namun karena tidak didukungnya sarana dan prasarana sehingga proses pertanggung jawaban seolah-olah terasa lamban ditangani. Responsivitas dalam menjalankan tugas dari pemerintah aparatur kecamatan sudah respon terhadap kepentingan masyarakat baik dari kritikan maupun saran yang disampaikan maupun usulan yang disampaikan masyarakat demi kemajuan pemerintah, disamping itu aparatur pemerintah kecamatan mencoba merespon kritikan yang disampaikan masyarakat sesuai dengan pola administrasi yang tidak menyimpang dari sistem yang telah ditetapkan dan sesuai dengan peraturan yang telah berlaku di dalam undang-undang yaitu standar pelayanan minimal (SPM) dan atau Pelayanan Prima kepada masyarakat.
Item Type: | Experiment |
---|---|
Additional Information: | 12520146 |
Subjects: | J Political Science > JS Local government Municipal government |
Divisions: | Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 06:41 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 06:41 |
URI: | http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/920 |
Actions (login required)
View Item |